Mohon tunggu...
Kang Bugi
Kang Bugi Mohon Tunggu... author, blogger, vlogger & storyteller yang pns

Kang Bugi, demikian sebutan akrabnya di dunia per-blog-an dan dunia dongeng-mendongeng. Saat mendongeng, maka ia ditemani oleh sahabatnya yaitu Si Otan (informasi tentang kang Bugi dan si Otan dapat dilihat di sini: https://dongengsiotan.wordpress.com/). Memiliki kesenangan berbagi pengalaman dan belajar dari pengalaman orang lain. Senang berbagi cerita melalui vlog ataupun blog diluar kegiatannya sebagai pns. Tempat berbagi cerita melalui berbagai wahana diantaranya melalui Kompasiana dan atau website pribadinya di: https://bugisumirat.wordpress.com/. Bisa juga mampir di IGnya: @bugi_sumirat, terima kasih ;)

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya

Berbukalah yang Sesuai Denganmu, Yang Penting Asupan Gizinya Terpenuhi

22 Mei 2019   00:51 Diperbarui: 22 Mei 2019   01:15 14 2 1 Mohon Tunggu...
Berbukalah yang Sesuai Denganmu, Yang Penting Asupan Gizinya Terpenuhi
sumber gambar: tribunnewsdotcom

Sejak kecil, saya diperkenalkan dengan berbuka puasa yang beraneka ragam, tidak semata-mata berbuka dengan kurma. Maklum, pola berbuka puasa memang dipengaruhi pula oleh lingkungan budaya di sekitar kita atau budaya dimana kita tinggal. 

Walau memang ada anjuran untuk berbuka puasa dengan buah kurma - sesuai sunnah Rasulullah SAW, tapi menurut beberapa ahli hadis, yang dimaksud berbuka dengan buah kurma dalam anjuran tersebut adalah buah kurma yang sering dikonsumsi oleh Rasulullah, yaitu buah kurma segar - sesuai dengan kultur arab dimana buah kurma merupakan buah dominan  atau buah asli di semenanjung  Arab. 

Bukan buah kurma yang sering kita lihat di sekitar kita yang telah diawetkan hingga tahan lama dalam penyimpanan tersebut. Sehingga, pengertian yang diperoleh dari berbuka dengan kurma adalah berbuka yang manis-manis, yang serupa dengan rasa dominan buah kurma, yaitu manis. Artinya, tubuh yang 'lemah' akibat berpuasa, saat berbuka, perlu diberi substitusi gula, dapat berupa kurma atau makanan yang manis-manis. 

Beberapa kebiasaan yang berkembang di masyarakat saat berbuka puasa adalah: meminum air putih, mengkonsumsi buah kurma, meminum kopi, meminum air teh manis hangat, mengkonsumsi es buah, mengkonsumsi makanan manis tradisional - seperti kolak, kue-kue tradisional dan lain sebagainya, dan ada yang langsung menikmati hidangan santap malamnya. Anda termasuk yang memiliki kebiasaan yang mana? 

sumber gambar: resepkokidotid
sumber gambar: resepkokidotid
Pada intinya, memang kita dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis, dengan berbagai alasan pendukungnya, seperti: 

1. Makanan manis akan dengan segera mengembalikan energi tubuh. 

2. Makanan manis (kurma) merupakan suatu yang dianjurkan oleh Rasulullah.

3. Memakan makanan manis yang dibuat dengan pemanis alami, bukan pemanis buatan. 

4. Memakan makanan yang manis saat berbuka, terutama kurma, dapat mengatasi gangguan pencernaan. 

Mana yang anda konsumsi saat berbuka puasa menjadi hak atau pilihan mereka yang berbuka, disesuaikan dengan budaha, kebiasaan serta makanan yang tersedia. Yang penting adalah, saat berbuka puasa, hindari sikap berlebihan dan lakukan secara perlahan - tidak terburu-buru, agar puasa kita memberikan manfaat paripurna bagi tubuh kita dan bukan sebaliknya. 

Semoga bermanfaat dan selamat berpuasa.   

VIDEO PILIHAN