Mohon tunggu...
budi sulis
budi sulis Mohon Tunggu... hidup harus terus bergerak

senang dengan perkembangan ekonomi terkini, hobi berpetualang dan senang berbagi informasi

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Cukai Plastik untuk Kelestarian Lingkungan

13 Juli 2019   13:46 Diperbarui: 13 Juli 2019   16:09 34 2 1 Mohon Tunggu...
Cukai Plastik  untuk Kelestarian Lingkungan
Sumber: WWF

Kantong plastik telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Selain praktis, harganya yang murah menjadikan kita mudah untuk pakai kantong plastik. Kebiasaan ini ternyata punya imbas, dimana kantong plasting merupakan salah satu sampah terbayak. Bahkan, Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia berdasarkan sebuah studi oleh Universitas Georgia pada tahun 2015.

Berdasarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada tahun 2016 sekitar 16% dari timbunan sampah adalah kantong plastik, meningkat dari 14% pada tahun 2014. Dan sayangnya, pemulung juga enggan mengambilnya. Masalah lain muncul karena kantong plastik dengan bahan yang tidak ramah lingkungan akan susah terurai. Kantong plastik ada yang baru bisa terurai selama 20 tahun. Meskipun terurai, mikro plastik kalau tertelan ikan, maka bisa berakibat buruk untuk kesehatan kita.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengendalikan pemakaian kantong plastik. Berbagai pihak telah mengampanyekan membawa kantong sendiri saat berbelanja.  Kalaupun mau pakai kantong plastik, konsumen dikenakan biaya.  Sebagai langkah untuk pelestarian lingkungan, Kementerian Keuangan juga akan kenakan cukai untuk kantong plastik. Tujuannya, agar penggunaan kantong plastik dapat menurun.

Pengenaan cukai dinilai paling pas karena memang tujuan cukai adalah membatasi konsumsi barang yang memiliki dampak negatif bagi kesehatan, masyarakat maupun lingkungan. Langkah yang akan kita lakukan juga telah dilakukan banyak negara dimana ada pengendalian kantong plastik berupa larangan, pembatasan atau pengenaan cukai.

Sumber: Dokpri
Sumber: Dokpri
Tujuannya penyusunan kebijakan ini bukan semata-mata untuk penerimaan negara namun untuk kelestarian lingkungan. Bahkan, penerimaan dari cukai kantong plastik akan digunakan untuk dana pengendalian sampah. Bagi industri, diharapkan akan muncul banyak inovasi untuk menciptakan alternatif pengganti plastik atau memproduksi plastik yang ramah lingkungan. Yuk kita dukung berbagai upaya untuk pelestarian bumi kita, dan mewariskan hal-hal baik bagi anak cucu.

VIDEO PILIHAN