Budiono
Budiono Bankir

Kebetulan memiliki nama yang sama dengan Bapak Wakil Presiden RI 2009-2014 (tapi ejaannya berbeda). Nama boleh sama, tapi soal nasib siapa yang tahu? Temukan tulisan saya lainnya di www.budiono.xyz

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

"National Costume" Indonesia Memukau Dunia

13 Oktober 2017   12:42 Diperbarui: 13 Oktober 2017   14:43 450 0 0
"National Costume" Indonesia Memukau Dunia
Sumber: Puteri Indonesia

Indonesia patut berbangga karena kekayaan budaya dan kreativitas anak bangsa kembali mencuri perhatian di kancah dunia. Kali ini busana nasional karya kolaborasi Mayaratih dan Morphacio tampil memukau di kontes kecantikan Miss Grand International 2017. Setelah sebelumnya berhasil memenangkan penghargaan Busana Nasional Terbaik tahun lalu, perwakilan Indonesia menampilkan kostum yang lebih spektakuler bertajuk Ibu Pertiwi. Busana nasional ini dikenakan Puteri Indonesia Perdamaian sekaligus Miss Grand Indonesia, Dea Goesti Rizkita yang sedang mengikuti kompetisi ini di Vietnam.

Beban yang cukup berat harus ditanggung Dea agar dapat memberikan penampilan terbaik untuk kembali mempersembahkan penghargaan yang sama seperti tahun 2016 silam. Malam tadi telah dilangsungkan Kompetisi Busana Nasional di mana masing-masing kontestan memeragakan busana nasional guna memperkenalkan budaya khas negara masing-masing.

Indonesia pun bisa bernafas lega karena Dea berhasil memeragakan busana kebanggaan ini dengan sangat baik dan penuh kharisma. Diiringi musik bernuansa etnik yang menghentak nan dramatis, dengan anggun sang putri melangkah pasti ke depan panggung.

Ekspresi wajah Dea yang tegas saat memeragakan busana nasional ini seperti menunjukkan kekuatan Ibu Pertiwi dalam menjaga alam persada. Lentik gerak tangannya pun seakan menunjukkan sisi anggun sang Ibu Pertiwi. Walaupun ekor gaun yang dikenakannya cukup berat, Dea tak nampak kesulitan dalam berjalan. Sepertinya ia sudah sangat terlatih dalam membawakan busana ini.

Begitu selesai berpose di depan panggung, Dea berjalan ke belakang dan tak lama kemudian berbalik dan kembali bergaya.Kali ini menunjukkan detail di ekor gaun yang menampilkan diorama reruntuhan candi yang menggambarkan kekayaan warisan budaya Indonesia. Sungguh penampilan yang membuat banyak orang tercengang melihatnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang mengusung budaya dari provinsi Lampung dengan hiasan kepala sigokh dan kain tapis, busana nasional Ibu Pertiwi lebih menonjolkan filosofi kehidupan bangsa Indonesia yang sangat kaya dan beragam. Tercermin dari tujuh jenis kain nusantara yang digunakan serta detail hiasan yang didominasi warna emas. Sungguh suatu mahakarya yang menawan. Akankah kostum ini kembali meraih penghargaan tertinggi di Miss Grand International 2017? Kita tunggu saja pengumumannya di malam puncak. Warganet juga bisa berpartisipasi memilih kostum ini sebagai yang terbaik melalui voting di laman Facebook resmi Miss Grand International.