Mohon tunggu...
Budiman Hakim
Budiman Hakim Mohon Tunggu... Administrasi - Begitulah kira-kira

When haters attack you in social media, ignore them! ignorance is more hurt than response.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

"My Best Friend, Shafiq Muljanto"

14 Juni 2018   00:53 Diperbarui: 14 Juni 2018   01:12 848
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Shafiq bersama kedua anak saya, Leon dan Reo. Dok. Pribadi

Beberapa tahun terakhir ini, keluarga kami mempunyai tamu setia, dia selalu datang sehari atau dua hari sebelum lebaran. Biasanya dia juga membawakan kami buah tangan yang tentu saja kami terima dengan gembira. Tamu istimewa itu namanya Shafiq Muljanto. Seorang tokoh periklanan yang disegani di industri advertising. Kadang dia datang bersama anak isterinya dan kadang sendirian ketika anggota keluarga lainnya berhalangan.

Sebagai fresh graduate lulusan ITB, Shafiq mengawali karirya sebagai Junior Art Director di MACS909. Saya adalah salah satu orang yang mewawancarainya saat itu. Sesi interview berlangsung menyenangkan. Belum 10 menit ngobrol, saya langsung cocok sama dia. Amazing banget! Pasti semua orang pernah mengalami ketika kita langsung merasa cocok dengan seseorang di pertemuan pertama. Begitulah yang terjadi antara Shafiq dan saya.

Selesai wawancara, saya langsung ngasih rekomendasi ke Ariyanto Zainal, Presdir MACS909 untuk menerima Shafiq. Dan tanpa ada perdebatan sama sekali, Shafiq pun dibaptis menjadi bagian dari keluarga besar MACS909.

Dan alhamdulillahnya, intuisi saya terhadap anak ini melampaui harapan saya..Sebagai individu, dia sangat pintar dan mempunyai leadership yang tinggi. Semangat belajarnya luar biasa dan terakhir tapi tak kalah penting, dia mempunyai attitude yang sangat baik.

Misalnya, dia pernah melakukan kesalahan fatal ketika membuat sebuah billboard untuk klien kami. Klien tersebut adalah sebuah perusahaan raksasa nasional. Untuk kesalahannya itu, MACS909 harus mengganti biaya kerugian sebesar Rp 300 juta. Ck..ck..ck...Duit semua itu, loh!

Menyadari telah membuat kesalahan yang sangat fatal, Shafiq langsung masuk ke kamar saya membawa surat resign, "Om Bud, gue minta maaf atas kesalahan itu dan gue akan resign dari kantor ini."

"Melakukan kesalahan kok malah resign?" tanya saya.

"Abis gue harus gimana?" tanyanya.

"Lo harus tinggal di sini untuk belajar lebih giat supaya kesalahan itu gak terulang lagi. Anggap aja itu sebuah pelajaran berharga," kata saya.

"Gue udah bikin kantor ini rugi Rp 300 juta. Artinya gue gak capable untuk terus bekerja di perusahaan ini," bantahnya.

"Gak bisa! Lo udah melakukan kesalahan karena itu gue menuntut elo untuk mengganti kesalahan itu dengan cara memajaukan perusahaan ini. Kita harus bekerja lebih keras supaya Rp 300 juta itu tergantikan dengan profit yang kita peroleh."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun