Budiman Hakim
Budiman Hakim karyawan swasta

When haters attack you in social media, ignore them! ignorance is more hurt than response.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Hahahaha...!

11 Agustus 2017   22:47 Diperbarui: 12 Agustus 2017   03:17 184 1 0
Hahahaha...!
Copas dari google

Kita kan sering ngeliat orang menulis bunyi yang keluar dari mulut manusia sebagai berikut:

1. Hahahaha....
2. Hihihihihi...
3. Huhuhuhu...
4. Hehehehe... dan
5. Hohohoho...

Nah, kalo saya analisis dari berbagai macam konteksnya, baik itu dari buku dan percakapan di social media, saya menyimpulkan bahwa

Hahaha.... itu ketawa spontan karena sesuatu yang lucu.
Hihihihi... ketawa genit atau ganjen.
Huhuhu... suara tangisan.
Hehehehe... ketawa basa basi.
Hohohoho... ketawa sombong dan agak melecehkan.

Dengan munculnya aplikasi chatting, onomatope yg terjadi makin bervariasi. Yang paling sering kita temukan adalah "Wkwkwk...", "Xixixixi..." atau "Huehuehue...."

Huehuehue.... sebetulnya cuma variasi penulisan dari Hehehe... Kalo kita ucapkan secara verbal dari segi bunyi kesan basa basinya terasa makin kental di telinga.

Begitu juga yang terjadi pada Xixixi... cuma aksi2an penulisan doang. Intinya gak ada bedanya dengan Hihihi....

Kalo Wkwkwk... awalnya adalah untuk menggantikan spontanitas ketawa karena lucu. Niat dasarnya adalah untuk merepresentasikan bunyi terbahak-bahak atau ngakak. Pertama orang menuliskannya Wakakakakkk... lalu karena huruf 'k' biasa dilafalkan dengan 'Ka' akhirnya orang menuliskannya Wkwkwkwk... Karena orang lebih tertarik pada gaya penulisannya, akibat yang terjadi Wkwkwk tidak lagi disandingkan dgn makna Hahaha yang spontan tapi lebih cocok disejajarkan dengan Hehehe yang isinya basa basi doang.

Btw, 'Hehehe...' juga mempunyai fungsi khusus, yaitu untuk menetralisir kalimat dalam chatroom. Misalnya temen kita ngasih joke dan buat kita joke itu norak. Kalo kita bales message temen kita dengan "Norak lu!!!!" kita tentu kuatir temen kita tersinggung. Makanya kita perlu menetralisir kalimat di atas dengan "Norak lu!!!! Hehehe...." Jadinya beda banget kan? Tujuannya tentu supaya temen kita tau kalo kita juga lagi becanda.

Belakangan penemuan smiley dan emoticon makin memperkaya ekspresi jenis ketawa. Saya suka kagum ngeliatnya. Tapi begitulah teknologi; orang2 pintar dan rajin demen banget membuat penemuan2 baru untuk memanjakan orang2 bodoh dan malas Hahaha....

Eh kok saya jadi ngakak hihihi...

Maaf ya kalo tulisan saya agak norak hehehe.....

Padahal tulisan saya keren kan? Hohohoho....

Kalo kalian gak suka.....Huhuhuhu....