Mohon tunggu...
Budiarto Miswari
Budiarto Miswari Mohon Tunggu... Konsultan - konten writer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menjadi lebih kreatif dan profesional

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pengelolaan Sampah Domestik oleh PT Banjarsari Pribumi, Pemberdayaan Lingkungan dan Lapangan Kerja

18 Agustus 2023   10:08 Diperbarui: 18 Agustus 2023   10:12 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pengelolaan Sampah Domestik oleh PT Banjarsari Pribumi, Pemberdayaan Lingkungan dan Lapangan Kerja

Dalam Upaya Menjaga Lingkungan, PT Banjarsari Pribumi Melalui Pengelolaan Sampah Domestik

Demi menjalankan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang berkaitan dengan kesadaran lingkungan dan sejalan dengan program Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat mengenai pengelolaan sampah domestik untuk mengurangi volume sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Kabupaten Lahat, PT Banjarsari Pribumi telah menjalin kerjasama dengan TPS 3R Masda Jaya Desa Arahan dalam mengelola sampah domestik perusahaan.

Komitmen terhadap lingkungan dari PT Banjarsari Pribumi dalam mengelola sampah domestik telah mendapat sambutan positif dari masyarakat, terutama di Desa Arahan. PT Banjarsari Pribumi merupakan pelopor dalam kerjasama pengelolaan sampah domestik, dan harapannya masyarakat akan mengikuti langkah positif ini untuk mengelola sampah domestiknya.

Langkah-langkah dalam kerjasama ini melibatkan berbagai aspek, mulai dari pembinaan pengelolaan sampah, mekanisme pelaporan, hingga pemanfaatan produk yang dihasilkan dari pengelolaan sampah. Dampak dari kerjasama ini sangat signifikan, terutama bagi masyarakat Desa Arahan. Selain mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA, kerjasama ini juga memberdayakan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja baru. Lebih dari itu, potensi usaha di tingkat desa dapat ditingkatkan lebih lanjut berkat inisiatif ini.

Mengurangi Dampak Sampah Terhadap Lingkungan

Pengelolaan sampah domestik yang dilakukan oleh PT Banjarsari Pribumi memiliki tujuan utama untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Dengan mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA, langkah ini secara langsung membantu mengurangi pencemaran tanah dan air, serta merawat keberlanjutan lingkungan sekitar. Dengan berkurangnya timbulan sampah, risiko kerusakan lingkungan dapat diminimalisasi, menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi masyarakat.

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah

Selain manfaat lingkungan, kerjasama ini juga membawa dampak positif bagi masyarakat setempat. Dengan melibatkan masyarakat dalam pembinaan pengelolaan sampah, pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik dapat ditingkatkan. Masyarakat tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga menjadi bagian aktif dalam menjaga lingkungan.

Lebih penting lagi, kerjasama ini mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Dengan adanya proses pengelolaan sampah yang terorganisir, diperlukan tenaga kerja yang dapat mendukung proses ini. Sehingga, warga sekitar dapat terlibat langsung dalam kegiatan pengelolaan sampah dan mendapatkan manfaat ekonomi dari langkah ini.

Mendorong Potensi Ekonomi Desa

Dengan adanya kerjasama ini, potensi ekonomi di tingkat desa dapat tergali lebih dalam lagi. Produk yang dihasilkan dari pengelolaan sampah, seperti daur ulang atau bahan baku baru, memiliki nilai ekonomi yang dapat dimanfaatkan. Masyarakat dapat mengembangkan usaha berbasis sampah, seperti kerajinan tangan atau produk-produk ramah lingkungan lainnya. Hal ini tidak hanya menciptakan sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

Melalui kerjasama dalam pengelolaan sampah domestik, PT Banjarsari Pribumi telah memberikan kontribusi yang positif bagi lingkungan dan masyarakat Desa Arahan. Langkah ini tidak hanya mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan, tetapi juga membawa manfaat ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. Harapannya, inisiatif ini akan menjadi contoh yang menginspirasi perusahaan lain untuk turut serta dalam menjaga lingkungan dan menciptakan perubahan positif bagi masyarakat secara keseluruhan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun