Mohon tunggu...
Budi Susilo
Budi Susilo Mohon Tunggu... Man on the street.

Warga negara biasa, yang rela membayar pajak meski tidak rela jika akumulasi pajak dicolong.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

10 Tips Menulis untuk Pemula, Manfaatkan Waktu Luang, Hasilkan Uang

4 Juni 2021   10:35 Diperbarui: 4 Juni 2021   11:12 373 47 22 Mohon Tunggu...
Lihat foto
10 Tips Menulis untuk Pemula, Manfaatkan Waktu Luang, Hasilkan Uang
Ilustrasi Menulis untuk Pemula oleh Deeezy dari pixabay.com

Menulis adalah satu cara menghasilkan uang dengan memanfaatkan waktu luang. Bingung? Pasti! Terutama bagi pemula. Karena itu artikel ini akan membagikan 10 tips menulis bagi pemula untuk meraih pendapatan di waktu-waktu senggang. 10 tips menulis untuk pemula yang dibuat berdasarkan pengalaman penulis terkenal.

Sebelumnya, pemuatan karya tulis di media cetak dapat menghasilkan uang. Demikian pula dengan pembuatan buku. Dewasa ini internet menyediakan ruang untuk mendapatkan uang. Berbagai wahana di dunia maya dapat dimonetisasi.

Selain itu, dengan apa saja cara menghasilkan uang dari internet?

Berikut platform yang berpotensi menghasilkan uang dari internet, di antaranya:

  1. Dropshipper. Menjual barang pihak lain tanpa harus menyimpannya. Tugas Anda mempromosikan barang dari toko lain kepada pengikut di media sosial. Keuntungannya adalah tidak memerlukan modal dan memperoleh selisih harga barang terjual atau komisi.
  2. Survei Berbayar. Mengikuti survei yang diadakan oleh perusahaan atau situs tentang produk tertentu. Imbalan yang diterima berupa poin, sampai jumlah tertentu dapat ditukar dengan uang, voucher belanja, atau pulsa.
  3. YouTube. Konsisten dalam menghasilkan konten menarik akan mengundang pemirsa untuk menyukai (like) dan subscribe kanal Anda. Jumlah audies berpengaruh terhadap besaran pendapatan yang diperoleh.
  4. Influencer. Merupakan kegiatan endorsement atas produk dengan memanfaatkan banyaknya followers dalam akun media sosial Anda.
  5. Program Afiliasi. Adalah dengan mempromosikan produk pihak lain. Anda dibayar berdasarkan klik yang menimbulkan transaksi.
  6. Freelancer. Anda "menjual" keahlian dan kemampuan tertentu kepada perusahaan atau pihak yang membutuhkan. Transaksi dan komunikasi dilakukan melalui situs spesifik yang menyediakan fasilitas untuk menampilkan portofolio freelancer.
  7. Blogging. Dengan membuat content menarik dan berkualitas di blog, Anda akan memperoleh jumlah pembaca signifikan yang dapat dimonetisasi.

Khusus untuk blogging, biasa dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki kesenangan dalam dunia tulis menulis, apakah artikel dalam bentuk fiksi ataupun opini.

Dengan artikel bermutu, menarik perhatian pembaca, dan menyajikan informasi kategoris dan fokus terhadap satu topik (niche), maka blog dikelola akan memiliki pembaca setia. Semakin banyak pembaca, semakin banyak pula kesempatan untuk dimonetisasi melalui penempatan iklan.

Bagi pemula, tentunya memerlukan waktu panjang dan ketekunan tersendiri dalam memelihara blog hingga menghasilkan uang. Mau tidak mau, ia harus mengupayakan agar blog menjadi dikenal lebih luas. Fokus yang dibutuhkan untuk mempromosikannya lumayan menyita energi.

Kemudian beberapa pihak membuat blog "keroyokan" sebagai pilihan alternatif dari blog individual. Salah satunya adalah kompasiana.com, sebuah situs dengan platform blog keroyokan. Pengelola menyediakan landasan, peng-administrasi-an, promosi, dan imbalan bagi karya tulis.

Artinya, Anda hanya perlu menulis topik yang bisa menarik banyak pembaca, sepanjang memenuhi syarat dan ketentuan berlaku. Semakin banyak jumlah viewer, semakin banyak pula imbalan diberikan. Mekanisme pemberian uang bisa berbeda di platform berbeda.

Pada dasarnya, sekalipun masih pemula di dunia tulis-menulis, Anda berkesempatan menghasilkan uang dengan menulis di blog keroyokan.

Persoalannya, pada platform tersebut, bagaimana membuat tulisan bermutu yang dapat menarik minat pembaca?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x