Mohon tunggu...
Budi Susilo
Budi Susilo Mohon Tunggu... Man on the street.

Warga negara biasa, yang rela membayar pajak meski tidak rela jika akumulasi pajak dicolong.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Doclang, Jajanan Keliling yang Kian Menghilang

4 April 2021   15:07 Diperbarui: 9 April 2021   10:39 633 68 35 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Doclang, Jajanan Keliling yang Kian Menghilang
Foto Mang Penjual Doclang (dokumen pribadi)

Saat ini, pedagang pikulan yang berkeliling menjajakan penganan rakyat kian lama kian menghilang.

Sekian dekade lalu, masih ditemukan penjaja keliling membawa: soto mi, soto kuning, laksa, doclang, dan makanan khas kota Bogor lainnya. Sebagaimana jajanan keliling, makanan tradisional tersebut umumnya berharga terjangkau.

Namun keberadaan pedagang keliling itu pada saat sekarang lumayan sulit diidentifikasi, terutama di daerah perkotaan. Barangkali terpinggirkan atau tersingkirkan oleh jajanan kekinian.

Namun makanan tradisional itu tidaklah lenyap begitu saja, mereka berpindah --move on, kata anak zaman now-- ke ruko atau food court. Doclang legendaris mangkal di tempat-tempat strategis, semisal Jembatan Merah Bogor. Sedangkan yang bertahan ngider sudah semakin sulit ditemukan.

Saat berjalan kaki pada Minggu yang cerah di suatu perkampungan, eh kok ndilalah saya melihat pedagang pikulan yang menjual doclang sedang beristirahat di depan warung belum dibuka.

Doclang adalah salah satu jajanan tradisional kota Bogor yang dulunya kerap dijajakan keliling permukiman. Terkadang orang dulu menyebutnya: oleh-oleh Bandung.

Penganan tersebut sebangun dengan kupat tahu Bandung dan daerah lain, dengan bumbu kacang yang sudah matang.

Seporsi doclang terdiri dari ketupat/lontong dan tahu disiram bumbu kacang. Yang unik, lontong dibungkus dengan daun patat. Saus pun sudah matang, berwujud cairan kacang dimasak dengan bumbu tertentu dan dikentalkan dengan tapioka/kanji.

Maka di dalam sepiring doclang terdapat potongan lontong, tahu, saus kacang, kerupuk, dan ditambahkan kecap manis serta sambal. 

Foto sepiring Doclang (dokumen pribadi)
Foto sepiring Doclang (dokumen pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN