Mohon tunggu...
Budi Susilo
Budi Susilo Mohon Tunggu... Man on the street.

Warga negara biasa, yang rela membayar pajak meski tidak rela jika akumulasi pajak dicolong.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Mewaspadai Cuti Bersama Oktober 2020

20 Oktober 2020   11:09 Diperbarui: 27 Oktober 2020   00:09 230 41 19 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mewaspadai Cuti Bersama Oktober 2020
Ilustrasi kalender (dokumen pribadi)

Pekan terakhir pada bulan Oktober 2020 akan menjadi libur panjang sebagai akibat penetapan cuti bersama. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2020, bahwa tanggal 28-30 Oktober 2020 telah ditetapkan sebagai cuti bersama.

Tiga hari cuti bersama pada akhir bulan ditambah Sabtu dan Minggu akan menjadi libur panjang bagi ASN dan pegawai swasta yang berkesempatan libur.

Dalam kesempatan tersebut pekerja melepaskan penat bersama keluarga. Penyegaran kembali yang tentunya sudah dan sedang direncanakan secara matang. Maka diperkirakan, tempat-tempat rekreasi akan dipadati pengunjung.

Daftar cuti bersama dan hari libur nasional 2020, diolah dari detik.com (dokumen pribadi}
Daftar cuti bersama dan hari libur nasional 2020, diolah dari detik.com (dokumen pribadi}
Namun demikian, harus diwaspadai kenaikan kasus Covid-19 setelah masa itu. Diketahui bahwa, biasanya, setelah libur panjang terjadi lonjakan kasus Covid-19. 

Oleh karenanya, cuti bersama yang akan tiba sepekan lagi seyogyanya harus diwaspadai, jangan sampai libur panjang menimbulkan duka mendalam akibat terpapar coronavirus.

Demi menghindari kemungkinan buruk tersebut, ada baiknya mereka yang berencana memanfaatkan libur panjang untuk berekreasi memerhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Memastikan diri dan keluarga dalam kondisi sehat walafiat sebelum berwisata. Gangguan kesehatan berpotensi terpapar coronavirus.
  2. Senantiasa mematuhi protokol kesehatan di tempat tujuan: menggunakan masker, kerap mencuci tangan, menjaga jarak yang diperkenankan (misalnya dalam antrean) dan ketentuan lain yang mengaturnya.
  3. Segera mandi dan berganti pakaian ketika tiba di rumah atau tempat penginapan dan bersihkan barang-barang bawaan dengan cairan disinfektan.
  4. Sebaiknya pilih tempat wisata yang memberlakukan prosedur kesehatan dengan ketat, seperti membatasasi jumlah pengunjung sesuai ketentuan, mengecek suhu, menyediakan fasilitas kebersihan , mengatur antrean atau yang menyediakan pemesanan tiket secara daring.
  5. Bisa juga dipilih tempat wisata yang memiliki ruang terbuka luas demi saling menjaga jarak.
  6. Barangkali bagi mereka yang senang bepergian sendiri bisa melakukan perjalanan sendiri (solo traveling) atau rekreasi dengan kekhususan seperti kegiatan menyelam (diving).

Protokol kesehatan merupakan sebuah keniscayaan menyikapi situasi pandemi saat ini, termasuk dalam menghadapi cuti bersama Oktober 2020. 

Libur panjang bisa dinikmati bersama keluarga dengan, setidaknya, menjalankan 6 pedoman dan kebiasaan tersebut di atas, sehingga potensi kenaikan kasus Covid-19 dapat dikurangi.

Selamat belibur panjang pada pekan  depan dengan tetap jaga kesehatan.

Semoga bermanfaat.

Sumber rujukan: 1 dan 2

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x