Mohon tunggu...
Budi idris
Budi idris Mohon Tunggu... Guru PPKn, Blogger, Penulis Buku dan Praktisi Bela diri Karate

Dengan tulisan mari berkarya dan berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Risiko Kesehatan Mengintai Pengguna Ponsel

6 Januari 2021   13:52 Diperbarui: 6 Januari 2021   14:56 40 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Risiko Kesehatan Mengintai Pengguna Ponsel
phys.org

Menggunakan HP atau ponsel pintar saat ini sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Namun jika dikaitkan dengan kesehatan penggunaan ponsel ternyata banyak dampak negatif yang ditimbulkan bagi kesehatan seseorang. jika menggunakan hp secara berlebihan atau lupa waktu Kesehatan seseorang akan terancam.

Seseorang yang menggunakan hp pergerakan tubuhnya akan berkurang. Duduk hanya menatap layar hp menjadi kebiasaan yang sering dilakukan. Terkadang bermain hp sampai lupa waktu tanpa disadari terus terjadi. Apalagi seorang yang sudah kecanduan bermain game secara online melalui hp. Rasanya bermain hp bagi penggemar game waktu tidak diperdulikan lagi.

Begitu juga saat ini dimasa pendemi saat ini, menggunakan hp untuk bekerja sudah sering dilakukan. Belajar jarak jauh juga mengharuskan guru dan siswa menggunakan hp dalam berkomunikasi. Hal ini tidak bisa kita hindari namun berlebihan dalam menggunakan hp juga bukan menjadi pilihan. Terlalu banyak resiko yang akan ditimbulkan, jika hal ini terus kita abaikan dan tidak kita perdulikan dalam jangka panjang banyak penyakit yang akan menyerang tubuh pengguna hp berlebihan.

Dapat kita pastikan dengan melakukan kegiatan bermain hp secara terus menerus setiap hari, akan otomatis memunculkan berbagai penyakit. Penyakit berikut ini akan selalu mengintai pengguna hp secara berlebihan:

  • Gangguan  Mata

Menatap layar hp dengan waktu yang lama hal ini sudah dipastikan akan merusak mata seseorang. Pancaran sinar cahaya dari layar hp akan merusak penglihatan seseorang. Dalam jangka panjang rabun mata akan terjadi bagi pengguna hp yang berlebihan.

Resiko penyakit selanjutnya yang dimunculkan karena kita berlebihan bermain hp adalah obesitas. Berat badan yang tidak ideal akan terjadi karena seseorang kurang gerak akibat kelamaan bermain hp. Ditambah lagi seseorang yang bermain hp terkadang lupa waktu istirahat, bahkan tidak tidur. Hal ini memicu meningkatknya nafsu makan seseorang. Nafsu makan yang berlebihan tidak di imbangi dengan pergerakan yang cukup dari tubuh otomatis membuat badan menjadi tidak ideal atau obesitas.

  • Gangguan Syaraf Otak

Berikutnya resiko yang ditimbulkan dari bermain hp berlebihan adalah gangguan syaraf otak. Gangguan syaraf terjadi dikarenakan seseorang bermain hp berlebihan memaksa mata terus bekerja dan otak terus berpikir sampai lupa istirahat. Dalam waktu yang lama hal ini bisa menimbulkan gangguan syaraf pada seseorang. Yang lebih fatal lagi seseorang bisa kehilangan kendali terhadap fungsi tubuhnya. Seperti kasus yang banyak terjadi seorang anak yang kecanduan bermain game. Saat hp diambil tangannya terus bergerak seperti orang yang sedang bermain game.  Sangat disayangkan kalau ini sampai terjadi, karena menyembuhkan gangguan syaraf membutuhkan biaya yang mahal serta waktu yang cukup lama.

Itulah tadi beberapa resik o terhadap kesehatan yang ditimbulkan jika seseorang lupa waktu saat bermain hp. Maka mulai saat ini bijaklah dalam menggunakan hp, mengatur waktu dalam menggunakan hp cara terbaik yang bisa kita lakukan. Berolahraga menjadi suatu kewajiban agar fungsi tubuh kita terus terjaga kesehatannya.Akhirnya mencegah lebih baik dari pada mengobati. Sebelum resiko berbahaya muncul akibat dari kita bermain hp secara berlebihan sebaiknya kita mengatur diri kita sendiri jangan sampai kita lupa waktu dalam bermain hp. Tiada kebahagian yang bernilai, Sehat itu bukan suatu kemewahan, tetapi menjadi mahal ketika kita sakit. Maka atur waktu bermain hp, hidup kita akan sehat dan bahagia. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x