Mohon tunggu...
Budi Wahyu
Budi Wahyu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Aplikasi Kredit Berbasis Web pada BPR Sehat Sejahtera Menggunakan Laravel 8

7 Desember 2021   10:48 Diperbarui: 7 Desember 2021   11:02 236 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pada Rabu, (25/08/2021) Fakultas Teknik Informatika Universitas Pamulang (UNPAM) melaksanakan program kerja praktek. Program ini ditujukan untuk  mahasiswa semester 6 yang terdiri dari 2 orang dengan seorang dosen pembimbing ibu Thoyyibah.T S.Kom., M.Kom. bekerjasama dengan PT BANK BPR SEHAT SEJAHTERA. Kegiatan ini merupakan program wajib  Universitas Pamulang yang dilaksanakan oleh mahasiswa semester 6.

Alamat di Gedung Kampus 3 Universitas Pamulang, , Jl. Puspitek No.11, Buaran, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. Sasaran kerja praktek ini adalah calon nasabah yang ingin mengajukan kredit baru dari bank BPR SEHAT SEJAHTERA. Sebagai penyelenggara, kami sangat senang dan berterima kasih kepada PT BANK BPR SEHAT SEJAHTERA dan Bapak Aries Saifudin A.Md., S.T., M.Kom. sebagai supervisor praktek kami di PT BANK BPR SEHAT SEJAHTERA. Kami berharap dengan adanya program ini, nasabah dapat mengajukan kredit dengan lebih mudah dan efisien  kapan saja, di mana saja berkat aplikasi yang telah kami buat.

Dengan Menggunakan beberapa perangkat lunak pendukung, selanjutnya akan masuk pada proses implementasi aplikasi dan pengujian sistem.

KREDIT 

Singkatnya, kredit adalah fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang atau perusahaan untuk meminjam uang untuk membeli suatu produk dan membayarnya kembali dalam jangka waktu tertentu dengan bunga. Menurut UU Perbankan, kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dipersamakan dengan itu berdasarkan perjanjian pinjam meminjam atau kontrak antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan peminjam untuk membayar kembali utangnya ditambah bunga setelah jangka waktu tertentu. Kredit diberikan oleh bank umum konvensional, bank pemerintah dan pegadaian.

Di zaman yang serba online, dan waktu yang bergerak begitu cepat, peminjaman bank dapat dipermudah dengan adanya teknologi penegakan kredit berbasis website yang dapat memudahkan nasabah untuk tidak pergi ke bank untuk mendaftar kredit, tetapi hanya dengan mengakses web yang  terhubung ke sistem perbankan, Anda dapat langsung mendaftar di mana saja, kapan saja.

Aplikasi kredit berbasis web adalah  sistem informasi kredit yang memungkinkan pengelolaan kredit yang sistematis. Aplikasi ini dilengkapi dengan fungsi login multi-pengguna, aplikasi pinjaman, data riwayat pinjaman, status pinjaman, dll.

Aplikasi kredit berbasis web ini dapat memberikan pengalaman baru kepada konsumen dalam mengajukan kredit tanpa harus datang langsung ke bank masing-masing. Selain itu, ada beberapa kelebihan dan manfaat serta fitur terbaru yang tidak dapat ditemukan di bank, apa saja persyaratan dan karakteristik untuk pembuatan aplikasi? lihat ulasannya di bawah ini.

Persyaratan sistem: 

  • Bootstrap 
  • Laravel
  • Database MySql (XAMPP)

 Fungsi aplikasi: 

  • Login multi-pengguna (akses administrator dan pengguna)
  • Beranda/Dashboard
  • Data Nasabah
  • Menampilkan data pengajuan kredit (akses administrator)
  • Formulir Permohonan kredit
  • Formulir Status Permohonan Pinjaman (akses pengguna)
  • Formulir Riwayat Pinjaman (akses pengguna)
  • Verifikasi Pengajuan (Hanya Administrator yang dapat melihat)
  • Pengaturan
  • Logout
  • Lainnya...

Dalam aplikasi Ada beberapa pengguna, yaitu Pengguna dan Administrator. Layar login-nya serupa yang membedakannya adalah akses dan fitur yang dikandungnya.

Halaman Login 

Gambar 1 : Halaman Login/dokpri
Gambar 1 : Halaman Login/dokpri

Halaman ini merupakan tampilan pertama sebelum melakukan aktivitas lain dalam aplikasi kredit, dimana pada halaman ini  nasabah/pengguna diminta untuk memasukkan alamat email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Setelah mengisi kedua kolom tersebut, nasabah/pengguna dapat mengklik tombol. Pada halaman ini, nasabah juga  dapat mendaftar akun baru untuk dapat login ke aplikasi kredit. Jika nasabah/pengguna lupa kata sandi yang terdaftar, dia dapat mengklik Lupa Kata Sandi.

Register/Daftar Akun Baru

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan