Mohon tunggu...
Hajar Budi Waskito
Hajar Budi Waskito Mohon Tunggu... GURU NKPI

Guru nautika Kapal penangkap Ikan SMKN 1 Giritontro

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mikul Duwur Mendem Jero

28 Januari 2021   06:00 Diperbarui: 28 Januari 2021   07:01 36 4 1 Mohon Tunggu...

Perilaku didapat tidak serta merta hanya karena mendengar dan dirasa lalu dihafal namun sikap atau karakter seseorang didapat dan terbentuk karena adanya kebiasaan dan budaya masyarakat setempat. budaya jawa ada istilah "mikul duwur mindem jero" sebuah filsafat yang tinggi untuk dicermati dan diresapi terutama kaum muda jaman sekarang yang mulai tergerus arus budaya barat yang kian tak terbendung. arus perkembangan jaman yang begitu cepat dan homogen telah melahirkan generasi gadget.istilah yang digunakan untuk menandai munculnya generasi milineal.dimana para generasinya mengalami kemorosotan karakter diri dan juga nasionalisnya. 

Para milineal yang seharusnya telah matang dan siap untuk ikut berkontribusi bagi sekitarnya dan juga masa emasnya untuk mengasah berbagai potensi diri serta mencaripengalaman sebanyak mungkin selagi ada waktu dan usia kini malah sudah berganti dengan berbagai aplikasi. Game dan fitur anggih yang telah disediakan oleh teknologi. 

Mirisnya generasi ini nyaman dengan keadaan yang tidak kondusif dan sama sekali tidak mendukung segala pembentukan sikap dirinya. Mereka seakan telah buta terhadap kebutuhan diri mereka sendiri seperti; memudarnya sikap peduli, menyepelekan waktu, perilaku boros, dan menghilanya budi pekert lainya yang mulanya telah tertanam sejak pendidikan dibangku PAUD.

pendidikan sangat erat kaitanya dengan peran dari berbagai pihak tidak terkecuali daridalam diri mereka sendiri untuk mengubah atau mengistiqomahkan diri agar nilai-nilai yang tercipta tidak hilang hanya karena teknologi atau pengaruh zaman yang semakin jauh dari peradaban masyarakat timur terutama bangsa indonesia.  Budaya yang memegang karakter nilai nilai luhur terutama pada peradaban bangsa keraton yang diyakini dari nenek moyang yang diturunkan oleh generasi berikutnya dengan tidak meninggalkan nilai nilai yang terkandung didalam falsafah orang jawa.

jaman terus berubah dan globalisasi sebuah keniscayaan yang tidakbisa kita tinggalkan, solusi untuk menyelamatkan para generasi gadged selain lingkungan sekolah dengan menanamkan jati diri ketimuran yang tidak meninggalkan budaya bangsa yang telah diakui dunia. oleh karena itu karakter diri harus diusahakan semkasimal mungkin bisa juga tak lepas mengikuti teknologi sebagai jalan perubahan zaman 

VIDEO PILIHAN