Mohon tunggu...
Bryan Eduardus
Bryan Eduardus Mohon Tunggu... Mahasiswa

Warga Negara yang Bersuara Lewat Kata-Kata! | https://telemisi.blogspot.co.id

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Aku Bangga, Indonesia Tuan Rumah Asian Games 2018!

12 Agustus 2018   13:06 Diperbarui: 12 Agustus 2018   13:27 823 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aku Bangga, Indonesia Tuan Rumah Asian Games 2018!
Bryan E. C. Hardi

Bangun pagi, kucek-kucek mata, lalu langsung pegang HP yang saya letakkan di sebuah meja kecil di samping ranjang. Maklum, millenials zaman now. Saya lihat notifikasi dan kebetulan ada DM Twitter yang masuk, 2, sibuk! Akhirnya saya membuka Twitter, menjawab DM yang masuk. Lalu, iseng-iseng saya melihat list trending topic. Tertulis di posisi pertama, 'Lalu Muhammad Zohri'.

"Siapa lagi, nih? Tokoh pengumbar sensasi? Artis 15 detik?" Itulah beberapa pertanyaan yang muncul di benak saya. Hal ini karena belakangan ini, trending topic Twitter seringkali dipuncaki oleh hal-hal yang 'tidak terlalu berfaedah'.

Namun setelah saya memutuskan untuk tetap mencari tahu, saya merinding menyaksikan video belasan detik yang diunggah oleh sebuah akun. Ia ternyata pelari Indonesia yang berhasil memenangkan Kejuaraan Dunia Atletik U-20!

Bangga dan senang, adalah dua perasaan yang saya rasakan! Lalu, hal yang membuat saya semakin senang, mayoritas komentar yang masuk bernada positif, yakni ucapan selamat. Tidak saya temukan ucapan hinaan, cibiran, hingga tagar aneh semacam #2018AsianGamesGantiPelari! Netizen bersatu, mendukung!

Berpindah ke Instagram, euforia yang sama juga tetap saya rasakan. Sebuah akun memasang video lari tersebut, dan postingan tersebut dikomentari hingga hampir 5000 pengguna Instagram. Ketika saya buka kolom komentar, tetap mayoritas bernada positif, walaupun tetap diselingi promo peninggi badan!

Inilah salah satu bukti bahwa olahraga mampu menjadi instrumen pemersatu. Bukan hanya saat ini saja, setiap kali Tim Nasional sepakbola kita berlaga,  kontingen bulu tangkis kita bertanding, publik pasti bersatu dan mendukung!

Tepat dibawah video kemenangan Lalu Muhammad Zohri tersebut, terdapat cuplikan 60 detik video klip Via Vallen! Bukan 'Sayang', tetapi yang berjudul 'Meraih Bintang' . Walaupun sama-sama di akhiri dengan '-ang' , kedua lagu ini berbeda! 'Meraih Bintang' merupakan lagu resmi Asian Games 2018.

Tak terasa, 17 Agustus 2018 sudah semakin dekat! 18 Agustus 2018, ngikut juga! Toh, hanya beda sehari! Kedua tanggal ini sangatlah spesial! 17 Agustus, seperti biasa, merupakan tanggal dimana kita memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Sedangkan 18.8.18, selain merupakan tanggal cantik yang sering tercantum di halte-halte Transjakarta, merupakan tanggal Opening Ceremony Asian Games 2018!

Setelah serangkaian proses, pada tanggal 19 September 2014, Komite Olimpiade Asia (KOA) menyetujui Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games 2018! Memang tidak bisa dipungkiri kalau negara-negara saling bersaing untuk menjadi tuan rumah perhelatan akbar olahraga semacam ini. Sehingga, keberhasilan ini sudah selayaknya menjadi suatu kebanggaan!

Terpilih menjadi tuan rumah ajang semacam ini tentu tidaklah mudah. Hal ini tidak semudah menjadi tuan rumah dengan mengundang tetangga kita datang ke rumah. Bahkan setelah terpilih, tidak ada waktu bersenang-senang! Mereka telah dinanti oleh setumpuk tugas berat, salah satunya dari segi infrastruktur.

Mereka harus memastikan bahwa venue kompetisi telah memadai berdasarkan standar internasional! Bukan hanya lokasi yang dipakai untuk bertanding, infrastruktur dan aspek-aspek pendukung lainnya juga harus memadai seperti moda transportasi, waktu tempuh atlet, hingga wisma atlet, yang nantinya akan menjadi lokasi penginapan para atlet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN