Mohon tunggu...
Bryan P. Hutagalung
Bryan P. Hutagalung Mohon Tunggu... Bryan P. Hutagalung - 09 - XI MIPA 1

28'22

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tips - Tips Mendaki Gunung yang Perlu Diketahui Pemula

9 November 2020   08:50 Diperbarui: 25 November 2020   21:32 320 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips - Tips Mendaki Gunung yang Perlu Diketahui Pemula
via URaL 28

Akhir-akhir ini kegiatan pendakian gunung menjadi kegiatan favorit bagi beberapa orang, tidak hanya bagi pencinta alam, tetapi juga untuk bagi kalangan muda, seperti pelajar dan mahasiswa. Banyak dari mereka yang memang sudah berpengalaman dalam kegiatan mendaki gunung, tetapi tak sedikit juga yang belum benar-benar akrab dan paham dengan kegiatan ini. 

Kebanyakan dari mereka yang baru terjun ke dunia pendakian hanya berdasar kepada ingin mencoba tantangan baru dan berfoto dengan latar belakang indahnya alam dari atas gunung. Padahal mendaki gunung untuk mencapai puncak itu bukan perkara yang mudah. Banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman saya, banyak pendaki yang tidak sampai ke puncak gunung yang dituju karena beberapa faktor. Saya sendiri pun pernah mengalami hal tersebut karena kurangnya persiapan yang dilakukan. Jika sudah terjadi seperti itu, akhirnya tinggal penyesalan saja yang akan muncul. Tetapi tenang, saya akan membagikan beberapa tips yang bisa membantu pendaki pemula untuk sampai ke tujuan puncak gunung. Langsung saja, berikut tips-tipsnya:

  1. Jaga Kesehatan
    via alodokter.com
    via alodokter.com
    Kesehatan merupakan hal yang paling penting untuk dipersiapkan sebelum mendaki gunung. Jika memang kesehatan kita tidak dalam kondisi prima, pasti itu akan mempengaruhi perjalanan pendakian kita sendiri. Sebenarnya, bukan hanya diri kita sendiri yang akan dibebankan bila kesehatan kita tidak pada kondisi prima, tapi teman-teman regu pendakian pun pasti akan terbebani karena pasti kita akan memperlambat perjalanan dan sering mengeluh dan akhirnya bisa tidak sampai puncak.

    Tapi tenang, saya akan memberikan tips untuk menjaga kesehatan agar terus dalam kondisi prima, salah satunya dengan tidur cukup dan tidak terlalu larut malam dari mulai 1 minggu sebelum hari pendakian. Mengonsumsi vitamin juga bisa dilakukan untuk menambah stamina sampai hari pendakian tiba.

  2. Latih Fisik
    via viapendaki.com
    via viapendaki.com
    Fisik dan mental juga wajib untuk dipersiapkan sebelum kegiatan mendaki gunung. Tanpa fisik dan mental yang kuat, tujuan awal yang tadinya untuk mencapai puncak bisa saja langsung sirna karena tidak kuat untuk melanjutkan perjalanan. Untuk fisik, dibutuhkan karena trek yang dilalui tidak akan mudah sehingga dibutuhkan latihan agar trek sesulit apapun bisa dilewati dengan mudah.

    Untuk latihannya bisa dengan jogging dengan target berapa menit atau berapa kilometer tanpa berhenti sebagai salah satu cara melatih jantung agar tidak mudah lelah. Bisa juga ditambah dengan latihan keseimbangan, seperti berdiri dengan satu kaki. Lalu, bisa juga dengan olahraga lainnya, seperti mountain climber, push up, sit up, dan masih banyak lagi.

  3. Latih Mental
    via keponews.com
    via keponews.com
    Untuk mental, dibutuhkan agar tidak mudah menyerah dalam melakukan perjalanan dan bisa menghadapi situasi dan kondisi apapun dengan baik dan tenang. Untuk melatih mental bisa dengan rajin berdoa, membaca kitab, dan dengan tidak mudah menyerah dalam menghadapi sesuatu. Sebenarnya, untuk mental ini dilatihnya harus dari kebiasaan sehari - hari agar bisa terbentuk mental yang tahan banting.

  4. Persiapkan Perlengkapan
    via wagers.id
    via wagers.id
    Setelah persiapan fisik dilakukan, sekarang harus mempersiapkan peralatan yang harus dibawa untuk mendaki gunung. Perlengkapan mendaki gunung juga hal yang patut untuk disiapkan dengan baik, bisa fatal akibatnya kalau tidak mempersiapkan peralatan yang akan dibawa. Maka dari itu, peralatan - peralatan yang wajib dibawa ketika mendaki gunung terdiri dari jaket, sarung tangan, tutup kepala, sepatu gunung, kaos kaki, tas besar, tas kecil, sleeping bag, tenda, matras, senter, trekking pole, peralatan masak, kamera, dan masih banyak lagi.

  5. Persiapkan Logistik
    via socialtextjournal.com
    via socialtextjournal.com
    Logistik juga merupakan hal yang penting dalam proses mendaki gunung. Logistik ini bisa terdiri dari konsumsi, obat-obatan, dan sesuatu yang dapat habis. Untuk obat - obatan harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang, bisa juga ditambah dengan vitamin. Untuk konsumsi minimal yang harus dibawa, yaitu 2 botol air mineral 1,5 Liter, roti, nasi + lauk, mie instan, dan makanan atau minuman lainnya sebagai penambah stamina, seperti cokelat, kopi, dan masih banyak lagi.

  6. Pahami dan Patuhi Aturan, Larangan, dan Adat
    via travel.kompas.com
    via travel.kompas.com
    Jangan membuang sampah sembarangan di gunung. Itu adalah salah satu aturan wajib yang diterapkan di semua gunung. Aturan - aturan dan instruksi yang diterapkan di gunung harus dipahami dan dipatuhi dengan benar. Gunung itu bukan tempat asal kita sehingga tamu, kita juga harus menghargai alam tersebut. Lalu, bila memang ada adat atau tradisi yang dilaksanakan di gunung tersebut, kita tidak perlu mempercayai tetapi cukup dengan menghargai adat/tradisi tersebut. Jangan juga sekali - sekali mengucapkan sesuatu yang tidak pantas atau buruk karena itu akan membuat insting menjadi berpikir buruk juga dan bisa menjadi kenyataan.

Mungkin itu saja beberapa tips yang dapat saya berikan untuk  kalian terutama yang baru ingin merencanakan pendakian dalam waktu dekat. Saya yakin dengan tips - tips tersebut bisa membantu dan memudahkan kalian dalam mencapai tujuan utama, yaitu mencapai puncak. Selamat mempersiapkan pendakian dan jangan lupa selalu berdoa ketika ingin dan dalam perjalanan. Salam rimba! Salam lestari!

VIDEO PILIHAN