Mohon tunggu...
BRIGITHA MONA NATHANIELA
BRIGITHA MONA NATHANIELA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi Melatih Kemampuan Diri

1 Desember 2022   07:55 Diperbarui: 1 Desember 2022   08:09 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada tanggal 27 November 2022, saya melakukan geladi hominisasi yang diselenggarakan LPH UNPAR. Namun sebelum itu, diberikan tugas pra-geladi yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Saya mendengarkan lagu Indonesia Raya 3 stanza kemudian memaknai arti dari salah satu syairnya. Diberikan juga beberapa pilihan video dokumenter yang harus ditonton dan menjawab pertanyaan yang telah diberikan. Di hari kegiatan geladi hominisasi, kami semua terbagi kedalam beberapa kelompok dengan tema yang berbeda setiap kelompoknya. Contohnya yaitu saya, menjadi bagian dari kelompok 7 yang memiliki tema kelompok "Hari Anak Sedunia". Kami semua diwajibkan untuk berdinamika bersama peserta yang lain dan melakukan setiap kegiatan dengan aktif. Kegiatan yang dilakukan saat geladi dimulai dari berkenalan, diskusi kelompok, dan melakukan presentasi kelompok sekreatif mungkin.

Bagi saya, geladi yang telah saya lakukan merupakan pengalaman pertama yang menyenangkan. Dimana saya dapat berkenalan dengan teman-teman yang berasal dari berbagai jurusan dan domisili. Tak hanya itu, kami berdiskusi dan bertukar pikiran satu sama lain tentang bagaimana presentasi dapat disampaikan dengan singkat dan menarik. Dari geladi ini saya menyadari bahwa keberagaman tidak hanya mengenai identitas primer yang dimiliki manusia, tetapi juga bagaimana kepribadian dan kreatifitas yang dimiliki oleh manusia begitu beragam.

Menurut saya, kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara diperlukan karena dalam berkomunikasi dibutuhkan penggunaan bahasa dan logika yang tepat dan benar. Untuk apa? Agar pesan yang ingin kita sampaikan dapat tersampaikan dengan tepat dan tidak bermakna ambigu, yang dapat menghantarkan kita ke kesalahpahaman.

Dari geladi yang telah dilakukan, wawasan saya mengenai ragam hari nasional bertambah luas, baik hari nasional yang ada dikalender maupun tidak ada. Saya pun juga semakin sadar mengenai pentingnya dan makna dari hari-hari nasional yang biasanya sering dianggap sepele oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Disamping tersebut, geladi hominisasi melatih kemampuan diri saya dalam bertukar pikiran, menyampaikan pendapat dan juga melatih keberanian saya dalam berbicara ataupun berpresentasi di depan orang banyak.

Kemampuan yang saya pelajari singkat selama geladi Hominisasi dapat diterapkan dalam perkuliahan, seperti keberanian berpresentasi didepan orang dan juga bagaimana menyampaikan pendapat yang baik dalam kerja kelompok. Untuk dapat melakukan itu, tentunya kita juga perlu meningkatkan kemampuan pribadi dalam berpikir dan berbahasa sebagai warga negara. Cara untuk melatihnya dapat dimulai dari mencoba berpikir kritis dan aktif dalam berbagai kegiatan. Tak hanya itu, dalam berbahasa kita pun harus membiasakan diri untuk menggunakan kata-kata yang baik dan benar. Intonasi dalam berbicara juga haruslah kita sesuaikan.

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun