Mohon tunggu...
Brigita Ayu L
Brigita Ayu L Mohon Tunggu... Freelancer - Ilmu Komunikasi

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Tantangan Jurnalisme Masa Depan

21 Februari 2019   22:58 Diperbarui: 22 Februari 2019   07:50 176 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tantangan Jurnalisme Masa Depan
careers2030.cst.org


Dunia yang semakin maju memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia jurnalisme. Perkembangan yang terus terjadi membuat jurnalisme mengalami perubahan-perubahan baru. Salah satunya adalah dengan adanya internet yang memberikan peluang-peluang besar bagi kemajuan dunia.

Media baru merupakan konsep baru yang muncul di era internet ini. Menurut Lister, 2003 media baru mempunyai beberapa karakter seperti digitallity, interactive, hypertextual, virtual, networked, dan simulated. Dengan adanya media baru ini memunculkan jurnalisme online.

Kondisi ini tentunya membuat masyarakat menjadi semakin maju akan pemanfaatan teknologi. Paul Bradshaw seorang tokoh jurnalis online dan blogger merumuskan tentang bagaimana jurnaisme di masa depan. Ada tiga poin penting dalam jurnalisme masa depan.

1. Real Time

https://twitter.com/twitter
https://twitter.com/twitter
Real time adalah sesuatu yang  sedang terjadi saat ini. Hal ini membuat media untuk terdorong semakin cepat dalam pemberitaan informasi ataupun berita. Karena kecepatan ini, menjadikan isi informasi cenderung lebih pendek. Beberapa contoh adalah seperti Twitter dan streaming.

2.  Big Data

seobrien.com
seobrien.com
Big Data merupakan data-data dalam jumlah masif data ini diperoleh dari riset atau penelitian. Berisi semantic web, AR, social graph, geo, behavioral.

3. Intelligent Device

iotone.com
iotone.com

Intelligent device atau dalam bahasa Indonesia merupakan perangkat cerdas. Perangkat ini adalah mesin, instrumen, peralatan, atau perangkat lain yang memiliki kemampuan komputisi sendiri. 

Ketiga poin diatas merupakan beberapa gambaran tentang dunia jurnalisme di masa depan, yang bahkan sekarang ini sudah dimulai. Sarana yang serba lengkap koneksi internet yang semakin baik juga membuka peluang besar bagi para penggiat jurnalisme, salah satunya untuk para citizen journalism atau jurnalisme warga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x