Mohon tunggu...
Brigita Ayu L
Brigita Ayu L Mohon Tunggu... Freelancer - Ilmu Komunikasi

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

"Multimedia in Online Journalism"

15 Februari 2019   06:23 Diperbarui: 15 Februari 2019   06:27 82 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
"Multimedia in Online Journalism"
steemit.com

Dunia jurnalistik saat ini mengalami perubahan yang begitu pesat. Mulai dari bentuk medianya sampai pada audiensnya. Sekarang ini merupakan era dimana internet menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan adanya internet, masyarakat dapat mencari banyak hal, mulai dari informasi, hiburan, bahkan orang dapat bekerja melalui internet.

Kondisi ini membuka peluang yang besar terhadap dunia jurnalistik, salah satunya dengan munculnya jurnalisme online. Pada dasarnya dalam jurnalisme online seorang jurnalis melakukan hal yang sama dengan jurnalisme tradisional, yaitu mereka mengumpulkan, memilih, memproduksi, mendistribusi, dan menginterpretasi sebuah kejadian atau fenomena menjadi sebuah berita. 

Hanya medianya saja yang berbeda. Kalau jaman dulu mungkin berita dimuat dalam koran, majalah, radio, televisi, atau media tradisional, tetapi saat ini melalui media online.

Sekarang ini berita-berita dapat diperoleh melalui media online dengan lingkup yang sangat luas yaitu dari seluruh dunia. Hanya dengan menggunakan gadget atau smartphone orang-orang dapat mengakses informasi apapun melalui internet.

Adapun kelebihan dari jurnalisme online beberapa diantaranya adalah multimedia dan interaktif. Multimedia artinya informasi yang dibagikan berupa berbagai elemen media, yaitu teks, gambar, audio, video yang digabungkan dalam satu platform

Sedangkan interaktif berarti bahwa media dengan audiensnya dapat berinteraksi atau melakukan timbal balik. Hal ini tentunya membuat masyarakat lebih mudah dalam mencari informasi serta informasi yang didapat mendalam, karena didukung dengan penggabungan media tersebut.

Namun jurnalisme online ini juga mempunyai kekurangan. Dengan adanya banyak media online tentunya informasi yang ada menjadikan audiens terpapar informasi yang bermacam-macam. Selain itu, karena sistem yang bebas memunculkan adanya hoak atau berita palsu.

Perubahan ini dapat dilihat yaitu sekarang kebanyakan media mempunyai bentuk online. Mulai dari televisi, radio, koran, majalah, masing-masing mempunyai media online. Beberapa contoh media online seperti nytimes.com dan npr.org, kedua media online ini menggambarkan jurnalisme online yang ada sekarang ini. Dan ini semua ada di internet yang semua orang dapat mengaksesnya.

Hal ini berarti para audiens atau pencari berita dan informasi mempunyai banyak pilihan akan media online.

Widodo, Yohanes. Perkembangan Media Online (ppt)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan