Mohon tunggu...
brigitaastrin
brigitaastrin Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya merupakan mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Geladi Hominisasi oleh LPH UNPAR

30 Mei 2022   20:49 Diperbarui: 30 Mei 2022   20:56 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada tanggal 22 Mei 2022, saya mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi, yang diselenggarakan oleh LPH UNPAR. Beberapa hari sebelum kegiatan tersebut, saya diberikan tugas pra-geladi untuk syarat mengikuti kegiatan tersebut, yaitu mendengarkan lagu Indonesia Raya tiga stanza dan membuat sebuah refleksi singkat mengenai lagu tersebut. 

Pada puncak kegiatannya, ada beberapa aktivitas yang saya ikuti, mulai dari mendengarkan materi dari beberapa dosen, lalu saya masuk kedalam breakout room untuk aktivitas dengan kelompok. Dalam aktivitas kelompok, kami melakukan perkenalan satu-satu dan mulai membahas topik yang sudah ditentukan. 

Saya merupakan kelompok 8 dan membahas tentang Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Setelah melakukan sharing tentang apa saja yang sudah kami cari dan pelajari, kami mulai menyusun untuk ditampilkan di depan dosen dan kelompok lain dengan bentuk drama. Kelompok saya pun terpilih menjadi juara, karena penyampaian materi yang unik, jelas dan informatif. 

Pengalaman yang saya dapat setelah mengikuti Geladi Hominisasi tentunya berbeda dengan kegiatan sebelumnya yang saya ikuti, yaitu Geladi Humanisasi. Disini saya lebih merasa aktif, terutama karena kelompok saya dapat terpilih menjadi juara, itu termasuk hal yang diluar ekspektasi. Melakukan penyampaian materi dengan cara drama dan secara virtual merupakan pengalaman pertama, karena biasanya hanya presentasi biasa. 

Setelah mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi, saya juga menyadari satu hal yaitu pentingnya kemampuan logika dan bahasa sebagai warga negara yang baik. Kita harus mengasah kemampuan berpikir kita, agar logika kita berjalan dengan baik dan cepat menangkap dan mengamati suatu permasalahan. Membiasakan menggunakan bahasa yang baik dan benar merupakan salah satu cara menjadi warga negara yang baik.

Tidak hanya pengalaman saja yang saya rasakan, manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti kegiatan ini pun sangat banyak dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Saya dapat mengetahui dan mempelajari teknik presentasi yang baik dan benar, itu sangat berguna sekali, terutama saya sebagai mahasiswa dan kedepannya ketika saya masuk dalam dunia kerja. Pada kegiatan ini rasa nasionalisme saya juga dilatih, dengan mengingat beberapa tanggal penting, seperti hari nasional dan hari raya keagamaan. Manfaat lain yang saya dapat, yaitu melatih diri untuk dapat berbicara di depan banyak orang, meningkatkan kepercayaan diri, mengasah komunikasi yang baik, belajar berpikir cepat untuk mendapatkan ide yang menarik.

Beberapa manfaat yang tadi saya dapatkan, akan saya pelajari agar kemampuan diri saya meningkat dan bisa saya terapkan dalam dunia perkuliahan maupun kegiatan sehari-hari. Saya akan membiasakan diri membaca agar pengetahuan saya bertambah, membiasakan untuk berbicara dengan bahasa yang baik dan benar, serta berpikir kritis dalam segala hal.

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun