Mohon tunggu...
Brian Prasetyawan
Brian Prasetyawan Mohon Tunggu... Guru - Guru SD, Blogger

Generasi '90an, Pengurus Pelatihan Belajar Menulis PGRI, Ketua Komunitas Cakrawala Blogger Guru Nasional, Menulis 3 buku solo & 14 buku antologi, Ngeblog juga di www.praszetyawan.com

Selanjutnya

Tutup

Bola

Pencapaian Indonesia di Piala Asia U-20, Pernahkah Juara?

17 September 2022   09:30 Diperbarui: 19 September 2022   23:05 404 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: mediansport.com

Pekan ini sepak bola Indonesia kembali semarak dengan adanya pertandingan Timnas U-20 pada Kualifikasi Piala Asia U-20. Pada pertandingan pertama Indonesia berhasil menang 4-0 atas Timor Leste.  Publik sepak bola Indonesia kembali tersenyum setelah timnas U-20 berhasil menang 5-1 melawan Hongkong pada pertandingan kedua kualifikasi piala Asia U-20 2023. 

Hasil tersebut membawa Indonesia berada di peringkat pertama grup F dengan 6 poin. Vietnam di urutan kedua juga memiliki poin dan selisih goal yang sama persis seperti Indonesia. Maka pertandingan ketiga melawan Vietnam pada 18 September 2022 benar-benar akan menentukan siapa yang menjadi juara grup F dan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.  

Selain para juara grup, 5 runner-up grup terbaik juga lolos ke putaran final Piala Asia U-20. Namun, Indonesia tetap harus mengincar juara grup agar benar-benar pasti lolos ke Piala Asia U-20. Jika menjadi runner-up, nasib Indonesia masih harus ditentukan oleh pertandingan-pertandingan di grup lain. Jadi peluangnya masih 50 : 50 kalau hanya berada di posisi runner-up.

Melihat sedang ramainya topik Timnas U-20, saya jadi penasaran. Apa saja pencapaian Indonesia di Piala Asia U-20 ? Apakah pernah juara ?  

Sebelumnya perlu diketahui bahwa Piala Asia U-20 pertama kali dilaksanakan pada 1959. Ketika itu masih bernama Kejuaraan Remaja Asia. Kemudian pada 2008 berubah menjadi Piala Asia U-19. Mulai penyelenggaraan 2023 menjadi Piala Asia U-20.

Berdasarkan informasi dari wikipedia, Indonesia ternyata pernah juara yaitu pada tahun 1961. Ketika itu Indonesia menjadi juara bersama Myanmar setelah pada pertandingan final bermain imbang 0-0 hingga perpanjangan waktu berakhir. Ketika itu belum ada adu penalti.  

Hingga saat ini gelar juara Indonesia belum bertambah.  Indonesia juga pernah menjadi runner-up tahun 1967 dan 1970. Kemudian pernah juga meraih peringkat 3 pada 1962. Secara keseluruhan, Indonesia sudah tampil di putaran final Piala Asia U-20 sebanyak 17 kali.  

Sumber gambar: indosport.com
Sumber gambar: indosport.com

Pada era 2000-an, pencapaian terbaik Indonesia adalah babak perempat final pada 2018. Kebetulan saat itu juga bertindak sebagai tuan rumah. Pada perempat final edisi 2018, Indonesia kalah 0-2 melawan Jepang. Walaupun kalah, indonesia bisa dikatakan mampu mengimbangi permainan Jepang. Indonesia tidak berada di posisi yang terus ditekan, tapi mampu berulang kali menyerang dan mengancam gawang Jepang. 

Melihat 2 pertandingan yang sudah dilakoni, timnas Indonesia U-20 terlihat cukup meyakinkan. Pemain lapis kedua pun juga sama bagusnya. Semoga nanti bisa menang melawan Vietnam dan bisa berbicara banyak di Piala Asia U-20 2023.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan