Mohon tunggu...
Breef Studio
Breef Studio Mohon Tunggu... Jasa Pembuatan Website

Jasa pembuatan website perusahaan dan toko online profesional terbaik di Jakarta, dilengkapi web design dan optimasi SEO yang efektif untuk bisnis Anda.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Mengapa Memiliki Website Jadi Sesuatu yang Sangat Penting untuk Produktivitas Bisnis?

4 November 2019   14:55 Diperbarui: 4 November 2019   15:01 59 0 0 Mohon Tunggu...

Kecepatan pertumbuhan internet dan tekonologi secara tidak langsung membawa seluruh elemen yang ada dalam masyarakat ke dalam sebuah bentuk masyarakat masa kini yang biasa kita sebut sebagai masyarakat maya atau cyber society. Dengan melejitnya masyarakat maya di seluruh dunia termasuk Indonesia, memberi arti adanya perubahan dan perkembangan yang terus bergerak di segala hal termasuk ke dunia ekonomi. Oleh karena itu, istilah ekonomi digital beberapa tahun belakangan mendapat panggung sendiri.

Ekonomi digital hadir dan semakin tumbuh subur di tengah masyarakat saat ini. Hal tersebut tidak perlu diragukan lagi. Fenomena gaya hidup digital yang merebak ini jadi salah satu faktor pemicu yang menyebabkan ekonomi digital terus digemari dan menjadi pilihan bagi masyarakat. Beberapa contoh sederhana yang bisa diamati seperti mulai ditinggalkannya proses jual beli dan pembayaran secara konvensional. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya transaksi digital dan pembayaran non tunai yang dilakukan dalam sektor perdagangan.

Perkembangan ekonomi digital Indonesia yang melejit juga ditandai dengan ada banyaknya perusahaan dari berbagai bidang seperti financial technology, online shop, transportasi online, dan sebagainya. Sebuah laporan e-Conomy Asean 2019 yang dipublikasikan oleh Google, Temasek, dan Bain & Company yang dirilis tahun ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang sangat pesat hingga 40% di kawasan ASEAN mengungguli Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Sedangkan riset Consumer and Media View yang dilakukan oleh Nielsen pada tahun 2017 terhadap lebih dari 17.000 orang usia 10 tahun keatas di 11 kota di Indonesia (Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Makassar dan Banjarmasin) memberikan fakta yang menarik. Diketahui bahwa lebih dari 60 persen konsumen di kelompok usia 21 - 49 tahun seringkali melakukan pencarian lebih lanjut setelah melihat Iklan video online dan lebih dari 30 persen konsumen seringkali melakukan pembelian secara online. Secara lebih lanjut, terdapat 28% orang di rentang usia 30 - 39 tahun yang berpeluang melakukan pembelian saat berkunjung ke toko setelah melihat iklan video online.

Dari angka yang besar ini, masyarakat maya jadi sebuah potensi yang sangat besar bagi perusahaan untuk bisa menjangkau kebutuhan keberadaan website bagi perusahaan jadi hal yang perlu dipertimbangkan secara serius. Mengingat ekonomi digital yang terus berkembang pesat dan kecanggihan teknologi yang semakin maju jadi alasan dasar mengapa website jadi sebuah urgensi dalam produktivitas perusahaan.

Walau seperti yang kita ketahui, media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Line, Youtube, dan platform lainnya mungkin saja bisa juga menjadi media yang strategis untuk berbisnis namun nyatanya keberadaan media sosial tidak bisa secara penuh memberikan informasi mengenai seberapa berkualitas dan bonafide suatu merek perusahaan. Space atau ruang di sosial media sangat terbatas dan tidak mampu memberikan keleluasaan secara penuh bagi perusahaan untuk melakukan eksplorasi terhadap merk dan citra yang ingin dibangun.

BACA JUGA : 4 Manfaat Website untuk Bisnis Anda

Selain beberapa data riset dan laporan mengenai pesatnya perkembangan ekonomi digital Indonesia yang bisa menjadi jawaban mengapa website sebuah perusahaan jadi hal yang sangat penting, berikut ini kami berikan 5 alasan terkait perlunya website untuk membangun bisnis perusahaan yang semakin produktif.

Media Strategis Untuk Branding

Tools untuk branding dan marketing memang sangat beragam, termasuk website bisa jadi medium yang sangat strategis dan menjawab semua kebutuhan perusahaan maupun calon konsumen. Ketika data menunjukkan pengguna internet di Indonesia tahun 2019 mencapai 152 juta maka melakukan branding melalui website jadi opsi yang paling tepat untuk menjangkau masyarakat dengan gaya hidup digital.

Anda bisa membuat sebuah tampilan website beserta isi kontennya yang sesuai dengan identitas perusahaan. Web domain yang ada juga tidak mungkin akan sama dengan web perusahaan lain, ini jadi sebuah identitas perusahaan yang sangat penting. Selain itu, keberadaan website perusahaan juga bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata calon konsumen. Membangun website dengan design yang sesuai dengan identitas merupakan sebuah modal dasar untuk menggaet lebih banyak lagi konsumen.

Isi Konten Apapun Sebanyak-banyaknya Sesuai Kebutuhan dan Target Perusahaan

Konten yang ada di halaman website perusahaan bisa menjadi daya tarik yang sangat luar biasa. Mulai dari tulisan, foto, video, katalog produk, profil perusahaan, testimoni, dan beragam konten lainnya yang bisa dimuat di halaman website. Dengan pengemasan konten yang bisa disesuaikan dengan citra dan brand image perusahaan, ini jadi sebuah medium yang sangat tepat. Konten yang ada juga bisa secara leluasa diunggah tanpa perlu khawatir dengan space yang terbatas seperti ketika mengunggah melalui media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x