Mohon tunggu...
BRAY AZALEA
BRAY AZALEA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Televisi dan Film yang suka banget kucing.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Pro dan Kontra "Street Feeding" pada Kucing Liar

2 Januari 2024   20:33 Diperbarui: 6 Januari 2024   20:00 733
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Memberi makan kucing liar. (Sumber: Dokumen Pribadi)

Melihat kucing yang kelaparan, sudah sewajarnya kita sebagai manusia merasa iba dan merasa simpati. Tidak jarang pula masyarakat memberi makan kucing-kucing tersebut.

Tren ini dikenal sebagai street feeding atau kegiatan memberi makan pada hewan liar yang tidak berpemilik. Street feeding sedang banyak diikuti masyarakat akhir-akhir ini. Namun, kegiatan mulia ini seringkali menuai kontra dari beberapa orang.

Street feeding seringkali dianggap sebagai akar dari permasalahan kebersihan kawasan pemukiman warga. 

Pasalnya banyak masyarakat yang merasa dirugikan atas kegiatan street feeding. Banyak masyarakat juga turut serta memberikan pendapat di media sosial mengenai kontra terhadap street feeding. 

"Dulu gw selalu street feeding stray cat, dan ending-nya itu kucing pada betah di lingkungan rumah dan efeknya mereka buang tai sembarangan di depan rumah tetangga. Sampe ada tetangga rumah yang bertanya-tanya, kok banyak tai kucing yaa dilingkungan sini. Akhirnya gw stop street feeding," ujar salah satu pengguna X melalui akunnya. 

Terdapat juga kasus dimana beredarnya surat mengenai larangan street feeding yang dilakukan pengurus RW03 Green Garden, Kedoya Utara. Hal tersebut terjadi karena sisa makanan yang tertinggal dan berakhir mengotori lingkungan membuat warga jengkel.

Surat ini pun viral di media sosial dan menuai berbagai pendapat. UnpadSF(@unpadstreetfeeding) ikut menanggapi hal tersebut. 

"Pemakaian supresi yang dilakukan terhadap pegiat street feeding dinilai berlebihan dan tidak solutif karena menggunakan basis pikir yang salah dan membuka ruang bagi konflik yang dapat dihindari" ujar UnpadSF melalui postingannya di Instagram. 

Selain pendapat kontra terkait street feeding, terdapat banyak juga yang pro terhadap street feeding. 

Street feeding bisa menjadi kegiatan untuk menyalurkan kepedulian kita sebagai manusia kepada hewan liar. Dengan memberi makan hewan yang kelaparan, perasaan pun akan menjadi senang.

Sumber: Dokumen Pribadi
Sumber: Dokumen Pribadi
Street feeding adalah kegiatan yang terpuji. Namun sudah sepantasnya kita harus melakukannya dengan penuh tanggung jawab agar lingkungan tetap asri dan kegiatan ini dapat dilakukan tanpa menuai kontra. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun