Mohon tunggu...
Brand Stories
Brand Stories Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana Brand Stories digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel seputar referensi, tips, serta kolaborasi dengan mitra. Email : Brand.kompasiana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Ini Tanda Masuk Angin Sudah Semakin Parah

4 Oktober 2022   10:00 Diperbarui: 4 Oktober 2022   10:36 899
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Plossa -- Masuk angin menjadi salah satu masalah medis yang khas di Indonesia. Banyak orang mendefinisikan masuk angin sebagai kondisi tidak enak badan. 

Biasanya, kondisi ini sering terjadi ketika terlalu lama berada di luar ruangan, kehujanan, atau terlalu lama berada di ruang ber-AC. Meski begitu, sebenarnya masuk angin tidak dikenal dalam dunia medis.

Umumnya, masuk angin ditandai dengan gejala ringan, seperti demam, badan pegal-pegal, dan meriang. Namun, pada kondisi tertentu masuk angin bisa menyebabkan gejala yang semakin parah.

Tentunya, gejala ini harus diwaspadai karena bisa menjadi pertanda penyakit kronis tertentu. Lalu, apa saja tanda masuk angin yang sudah semakin parah?

Wajib Waspada, Ini 5 Tanda Masuk Angin Sudah Semakin Parah

1. Demam tinggi dan menggigil

Sebuah penelitian terbit dalam Paediatrics and Child Health mengungkapkan bahwa masuk angin umumnya disebabkan oleh paparan virus yang menyerang tubuh. Demam menjadi salah satu cara tubuh untuk melawan infeksi virus yang paling efektif. 

Seseorang dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapai lebih dari 37 C. Pada kondisi masuk angin yang sudah parah, gejala demam tinggi biasanya juga akan diserta dengan badan menggigil karena merasa kedinginan.

2. Keringat dingin bercucuran

Masuk angin yang sudah parah biasanya juga akan ditandari dengan keringat dingin yang bercucuran. Kondisi ini terutama dapat terjadi jika masuk angin yang menyebabkan gejala demam diakibatkan oleh flu atau pilek. 

Saat demam, tubuh akan berkeringat untuk membantu tubuh tubuh menjadi normal kembali. Tubuh akan melepaskan keringat ke permukaan kulit agar nantinya diuapkan oleh panas tubuh.

3. Sering kentut dan bersendawa

Kentut dan sendawa merupakan dua tanda yang paling sering dialami oleh seseorang yang masuk angin. Clinical Gastroenterology and Hepatology mengungkapkan bahwa sendawa adalah upaya bagi tubuh untuk mengeluarkan gas dalam perut melalui mulut. 

Masuk angin yang disertai dengan sendawa terus-menerus bisa menjadi tanda penyakit tertentu, seperti GERD. Menurut studi yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan salah satu penyakit kronik pada pencernaan yang ditandari dengan gejala perut kembung dan bersendawa terus-menerus.

4. Sakit kepala parah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun