Mohon tunggu...
Brand Stories
Brand Stories Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana Brand Stories digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel seputar referensi, tips, serta kolaborasi dengan mitra. Email : Brand.kompasiana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Peran Air Putih Saat Sedang Diet

12 Mei 2022   16:25 Diperbarui: 12 Mei 2022   16:30 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Air Sejuk (fitnes19.com)

Air putih - Ada banyak pilihan program diet yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Dari berbagai macam program diet, banyak minum air putih selalu menjadi hal yang disarankan dan wajib dilakukan. 

Rajin mengonsumsi air putih memang terbukti memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang terbit dalam The American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa minum air putih dengan porsi lebih banyak dapat membantu mengatur berat badan supaya tetap stabil. 

Hal ini berkaitan erat dengan peran dan manfaat air putih dalam membantu aktivitas dan fungsi tubuh. Lantas, apa saja peran air putih saat sedang diet?

Inilah 5 Peran Air Putih Saat Sedang Diet

  1. Membakar Kalori

Peran air putih yang pertama bagi tubuh saat sedang diet adalah dapat membantu proses pembakaran kalori. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Acta Physiological melakukan penelitian terhadap 12 peserta yang minum setengah liter air putih.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air putih mampu membakar antara 2 -- 3% lebih banyak kalori dibandingkan dengan peserta yang mengonsumsi air dengan jumlah lebih sedikit. 

Studi lain yang dibuat oleh National Institutes of Health juga berhasil membuktikan bahwa minum air putih sebelum sarapan mampu mengurangi kalori yang dikonsumsi selama makan hingga 13%

  1. Mengontrol Nafsu Makan

Minum air putih sebelum makan terbukti dapat memberikan rasa kenyang serta mengurangi rasa lapar. Oleh karena itu, minum air putih sebelum makan diyakini dapat menjadi metode yang efektif untuk membantu mengontrol berat badan. Hal ini pernah dibuktikan melalui sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam  National Center for Biotechnology Information.

Dalam penelitian tersebut, peserta setengah baya yang memiliki kelebihan berat badan dan obesitas rutin minum air putih sebelum makan. Hasilnya, mereka kehilangan 44% lebih banyak berat badan dibandingkan dengan kelompok yang tidak mengonsumsi lebih banyak air.

  1. Merangsang Metabolisme Tubuh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun