BPR KMI
BPR KMI

Info lebih lengkap silahkan kunjungi bit.ly/web_kmi

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Pengusaha Sukses yang Kaya Raya dari Hobi dan Iseng

7 November 2018   15:07 Diperbarui: 7 November 2018   15:11 315 1 0
Pengusaha Sukses yang Kaya Raya dari Hobi dan Iseng
pengusaha sukses (sumber: monitekno.com)

Pengusaha sukses yang kaya raya dari hobi -- Hobi merupakan suatu aktivitas yang jika kita lakukan maka kita akan mendapat kesenangan/kepuasan batin dan biasanya untuk menjalankan sebuah hobi tersebut kita juga harus mengeluarkan biaya yang sesuai. Namun, apa yang terjadi jika hobi yang kita sukai itu bisa membuat kita menjadi kaya raya? yang pasti double bahagianya ya, adapula beberapa pepatah yang mengatakan "pekerjaan terbaik adalah hobi yang di bayar". Nyatanya kita semua sebenarnya mampu menjadikan hobi yang kita gemari menjadi pundi-pundi uang jika kita mampu berinovasi dan melihat celah bisnis dari hobi tersebut.

Pada kesempatan kali ini BPR KMI akan mengulas beberapa pengusaha sukses di Indonesia yang menjadi kaya raya dari hobinya, berikut info selengkapnya:


1. Ahmad Zaky -- CEO Bukalapak
Siapa sih yang sekarang gatau bukalapak? e-commerce buatan ahmad zaky ini merupakan salah satu favorit pengguna internet di indonesia untuk bertransaksi secara online. Tapi, tahukah anda awal dibuatnya Bukalapak sendiri merupakan ide dari Zaky yang sudah menyenangi dunia tekhnologi sejak masih sekolah. Akhirnya setelah lulus dari jurusan Tehnik Informatika ITB, Zaki mulai mengimplementasikan hobi dan impiannya supaya di masa yang akan datang masyarakat bisa berbelanja online dengan aman baik bagi pembeli ataupun penjualnya. 

Usaha Zaky pun akhirnya tidak sia-sia, walaupun banyak rintangan saat awal merintis tetapi bisnis yang Berawal dari 3 orang (1 staff, 1 Asissten, dan Zaki sendiri) ini sekarang bukalapak menjelma menjadi salah satu e-commerce terkemuka di indonesia yang menangani transaksi hingga 500juta/harinya !!

 

pengusaha sukses (sumber hai.grid.id)
pengusaha sukses (sumber hai.grid.id)

2. Andre Darwis -- CEO KASKUS
Jika kita mencari portal forum diskusi terbesar di indonesia, pasti semua setuju dengan menjawab kaskus. Tapi tahukah anda kalau andrew ini sejak kecil dianggap anak yang nakal bahkan pernah tidak naik kelas saat bersekolah. Singkat cerita setelah boomingnya internet di indonesia, Andrew mengambil kesempatan tersebut dengan berkuliah di Jurusan Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara. Setelah di BINUS, Andrew melanjutkan pendidikan di Art Institute of Seattle dan City University. 

Nah, ketika mendapat tugas saat kuliah di Art Institute (Amerika Serikat) andrew yang hobi berselancar di dunia maya ini tepatnya tanggal 6 November 1999 KASKUS resmi didirikan dengan modal awal $7 untuk biaya server dan masih memiliki domain Kaskus.us . Kaskus yang merupakan singkatan dari kasak-kusuk sebagai tempat bergosip ataupun berbagi cerita untuk mengobati kerinduan andrew untuk indonesia. 

Berawal dari 2 orang tanpa staff dan kantor menyewa rumah sederhana, sekarang kaskus berhasil menjadi forum terbesar diindoneisa dengan berbagai macam aktivitas didalamnya. Bahkan, kisah hidup andrew darwis serta berdirinya Kaskus telah diangkat ke layar lebar dengan judul "sundul gan" dimana di film tersebut merupakan perjalanan andrew darwis, sepupunya, dan kaskus yang kini bisa menghasilkan >3 Milyar/bulan hanya dari iklan.

 

pengusaha sukses (sumber: technomictimes.indiatimes.com)
pengusaha sukses (sumber: technomictimes.indiatimes.com)

Nadiem Makarim -- CEO Go-Jek
Pemuda yang satu ini merupakan salah satu dari sedikit orang yang hobi naik ojek. Ya, Nadiem Makarim adalah orang yang hobi naik ojek terutama saat bekerja. Setelah sering naik ojek dan berbagi cerita dengan tukang-tukang ojek yang ditumpanginya tentang sulitnya mendapatkan penumpang, Lalu terbesit ide Nadiem untuk membuat transportasi alternatif ojek namun dengan sistem online yang kini sedang berkembang dan akhirnya lahirlah Go-jek. Pada awal usahanya, tidak mudah untuk Nadiem merekrut para tukang ojek yang kebanyakan masih gaptek.

Bahkan pada proses awalnya pun Nadiem turun langsung ke pangkalan-pangkalan ojek untuk mensosialisasikan Go-Jek. Walaupun masih banyak kontroversi terutama dengan ojek konvensional nyatanya, Go-jek besutan Nadiem ini sekrang telah memiliki ratusan ribu mitra Ojek yang awalnya hanya 20 saja. Tak hanya itu, nama Nadiem pun disebut sebagai salah satu sosok pelopor yang memajukan dalam transportasi di Indonesia.

 

pengusaha sukses (sumber: lifestyle.liputan6.com)
pengusaha sukses (sumber: lifestyle.liputan6.com)

Fery Unardi -- CEO Traveloka
Berawal dari frustasinya Fery mendapatkan tiket pesawat untuk pulang seatlle -- padang. Di saat itulah ide Membangun Traveloka tercetus. Fery yang merupakan engineering dibidang Teknik informatika berkerja di microsoft selama beberapa tahun. Nah, saat itu lah fery selalu kesulitan untuk mencari tiket pulang karena harus memperkiran rute saat membooking tiket pesawatnya. 

Dalam membangun traveloka pun Fery tidak main-main, Ia rela berhenti kuliah demi membangun traveloka bersama tim kecilnya. Dari usahanya terbut, kini traveloka menjadi salah satu e-commerce travel yang tidak hanya terkenal di Indonesia tapi juga Asia Tenggara.

 

pengusaha sukses (sumber: marketers.com)
pengusaha sukses (sumber: marketers.com)

Ni Luh Ary Pertami Djelantik -- CEO Ni Luh Djelantik
Berawal dari kecintaannya kepada sepatu, akhirnya membawa Ni Luh menjadi pengusaha yang sukses. Label Niluh Djelantik sudah dibuat sejak tahun 2003 silam, awalnya Ni Luh bekerjasama dengan temannya. Ni luh bertugas mendesain dan memproduksi sepatu sementara temannya yang memasarkan. Saat pertama rilis, sepatu djelantik langsung laris manis di pasar Eropa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2