Mohon tunggu...
Boy Sandy Surya Wijaya
Boy Sandy Surya Wijaya Mohon Tunggu... Like What You Do and Do What You Like

Saya merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi yang bergerak di bidang Broadcast, dan gemar sekali bercengkrama dengan media (media sosial dan konvensional). Terutama berdiskusi dan sharing tentang media. Saya mengajar Radio dan public speaking :) keep contact: IG: @bangiboyy IG: @info_dkijkt HP: 081298648675 email: boysandysuryaw@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Tik Tok sebagai Bentuk Aktualisasi Diri

3 Februari 2020   13:21 Diperbarui: 3 Februari 2020   13:32 168 0 0 Mohon Tunggu...

Tik Tok adalah sebuah aplikasi dari negeri bamboo yang digunakan untuk membuat short video yang berbasis ByteDance disertai special effect yang mendeteksi gerakan, muka, badan, dan dilengkapi dengan musik yang up to date. Fenomena Tik Tok menjadi sorotan yang menarik karena tidak hanya diadopsi oleh anak di bawah umur atau remaja saja, namun ada saja generasi baby boomer pun ada yang bermain Tik Tok dengan tujuan terkenal atau viral.

Salah satu artis Tik Tok yang terkenal adalah Bowo Alpenlible pernah menjadi korban bullying oleh warga media sosial namun kini sudah menjadi terkenal dan menjadi pioneer dari Tik Tok. Kini banyak yang meniru atau mengkuti Bowo dengan membuat video Tik Tok dengan beragam versi. Wujud bentuk video yang kreatif lah membuat Bowo menjadi terkenal, karena videonya mendapatkan ratusan ribu likers dan puluhan ribu share yang dilakukan oleh seluruh pengguna Tik Tok di dunia, tidak hanya di Indonesia.

Tik Tok mempunyai sisi positif untuk menghibur, ajang unjuk kreativitas, relasi pertemanan. Sisi negatif dari Tik Tok mem-viralkan segala bentuk video dalam bentuk kilat dan mengabaikan etika dalam meng-upload video di media sosial. Sehingga muncul pro dan kontra, seperti hal tabu yang menjadi lucu dan lumrah, labeling sebagai orang "alay" dan hingga penyalahgunaan fungsi aplikasi, sampai beberapa waktu lalu Tik Tok pernah di bungkam untuk sementara waktu dan dibuka kembali karena tanggapan warga net yang membuat peluang bagi Kemkominfo membuka blokir Tik Tok.

Akhirnya kini banyak pengguna baru lintas generasi yang men-download aplikasi Tik Tok ini sebagai bentuk ajang dari eksistensi diri dan aktualisasi diri. Munculnya identitas baru yang terjadi membuat dua kesan yang berbeda di dunia maya dan nyata. Terkadang identitas ini terbawa di dunia nyata yang menyebabkan terjadinya introjeksi akibat fanatisme terhadap apa yang diidolakan dan bertindak diluar kemauan sendiri akibat pengaruh determinasi teknologi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x