Mohon tunggu...
Bonita Simanjuntak
Bonita Simanjuntak Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Ilmu Komuniaksi 2020

Saya merupakan mahasiswa salah satu universitas swasta di Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Perkembangan Media Indonesia: Line Today sebagai Sumber Informasi Milenial

27 September 2022   18:28 Diperbarui: 7 November 2022   21:42 744 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Kompas.com

Perkembangan Global menyebabkan segala hal pada saat ini juma perlahan mulai berkembang. Perkembangan tersebut juga merambah pada dunia informasi.

Dunia informasi pada saat ini seakan tidak bisa terlepas dari namanya teknologi. Hal tersebut dapat terlihat dari tingkat percepatan akses informasi dalam hidup serta kebutuhan informasi publik yang terus menerus meningkat (Juditha, 2013, h. 146)

Di Indonesia, perkembangan internet telah dimulai pada tahun 1990-an yang bermula dari hobi beberapa orang yang memiliki minat dalam pembangunan jaringan komputer (Widodo, 2020, h. 43)

Salah satu pioneer penyedia jasa internet yang ada di Indonesia adalah PT Rahajasa Media Internet (Radnet). Radnet menyokong di bidang desain serta web, sementara konten disajikan oleh surat kabar Republika yang menjadi media pertama yang menyediakan layanan berbasis internet di Indonesia.

Kepopuleran internet di Indonesia masa dulu meskipun terbatas, menyebabkan konten media tidak selalu berisi text dan foto, tetapi sudah multimedia. Peluncuran media daring di Indonesia juga bertujuan untuk menjangkau publik mancanegara.

Jurnalisme multimedia menjadi menarik sebab penyajian teks dalam kontennya memikirkan bagaimana struktur narasinya terbentuk serta berbagai elemen multimedia apa saja yang berfungsi dalam setiap teks (Lase, 2016, h. 173). 

Di Indonesia sejak era 1998 hingga saat ini, telah ada begitu banyak media yang bertransformasi dalam bentuk digital dengan pemanfaatan internet. Bahkan, kebanyakan media memilih tidak berproduksi secara konvensional tetapi langsung digital.

LINE TODAY

Sumber gambar: Medcom.id
Sumber gambar: Medcom.id

Salah satu bentuk jurnalisme online dan multimedia di Indonesia adalah Line Today. Line today merupakan fitur pada aplikasi media sosial LINE, yang memungkinkan penggunanya untuk  memperoleh  informasi serta berita yang up to date dan aktual maupun sedang hangat dibicarakan publik.

Line Today yang digagas oleh LINE diresmikan secara mandiri dalam bentuk aplikasi di tahun 2018 dan dapat diakses dengan mengunduh aplikasinya pada appstore dan playstore.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan