Mohon tunggu...
Bonita Simanjuntak
Bonita Simanjuntak Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Ilmu Komuniaksi 2020

Saya merupakan mahasiswa salah satu universitas swasta di Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Film Indonesia: 80-an vs 2000-an!

9 September 2022   19:23 Diperbarui: 13 September 2022   20:32 307 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: Instagram Filmologi.id

Film merupakan salah satu media komunikasi massa yang dipandang dalam berbagai macam perspektif, yaitu sebagai seni, media edukasi, hingga  industri media massa (Komalawati, 2017, h. 2)

Seiring perkembangan zaman, aliran film semakin beragam. Aliran film tersebut juga dikenal sebagai genre film. Mulanya, istilah genre mulai dikenal dari produksi teater atau sastra sebab berupa narasi cerita (Astuti, 2022, h. 23)

Genre berasal dari bahasa Perancis dan Latin yang berarti jenis khusus karya seni seperti novel maupun puisi 

Pada artikel kali ini, saya akan mengajak anda membandingkan kedua film, dimana film yang satu tayang pada tahun 90-an dan satunya lagi adalah film yang tayang pada tahun 2000-an

Melalui perbandingan ini, kita akan mempelajari bagaimana perbedaan film indonesia mulai dari tahun 90-an hingga saat ini. Secara Khusus kita akan melihat perbedaannya dengan perbandingan penggunaan paradigma, genre dan subgenre pada kedua film ini

Cinta Segitiga (1983)

Sumber gambar: wikipedia
Sumber gambar: wikipedia

Siapa yang tidak mengenal Raja Dangdut Rhoma Irama? Setelah sukses memulai karirnya dalam dunia musik di tahun 1960-an, ia mulai merambah pada dunia perfilman di tahun 1975.

Salah satu film yang ia bintang berjudul Cinta Segitiga. Film tersebut merupakan film dengan genre utama drama klasik yang tayang perdana pada tahun 1983. 

Film ini mengisahkan tentang pemuda bernama Rhoma yang terlibat cinta segitiga antara ia, Rika yang merupakan kekasihnya, dan Dendy yang merupakan kakak Rhoma. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan