Pernah makan buah kesemek?  Kalau pertanyaan ini  ditujukan kepada generasi milenial, pasti sebagian besar menjawab belum.  Alih-alih makan  melihat bentuknya pun belum pernah.Â
Kesemek adalah buah jeruk berbentuk tomat dan termasuk buah yang berasal dari Jepang dan Cina. Jika belum pernah makan buah kesemek, mendengar namanya orang penasaran dengan rasanya.
Jika kita cenderung menyukai rasa manis yang ringan, buah kesemek bisa jadi salah satu pilihan yang sehat.Â
Buah kesemek juga diketahui memiliki sumber energi yang kaya dalam bentuk karbohidrat dengan jumlah serat yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan, sehingga cocok jadi tambahan yang sehat untuk pola makan yang sehat pula.
Siapa sangka jika buah kesemek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah kesemek menjadi sumber energi, mengandung antioksidan, dan banyak vitamin.Â
Dengan memakannya, kita bisa merasakan manfaat untuk kesehatan mata, jantung, otak, hingga mencegah kanker usus besar." (dr. Fadhli Rizal Makarim, Halodoc 02 November 2021)
Lalu apa hubungannya dengan generasi milenial? Generasi milenial pada umumnya menyukai  minuman-minuman kekinian yang manis dan segar.
Dengan berbagai kemasan yang menarik dan rasa yang nikmat, membuat anak muda seolah ketagihan untuk mengonsumsi minuman-minuman ini. Para pengusaha mestinya bisa merebut lidah generasi milenial dengan  menciptakan inovasi baru.Â
Salah satunya adalah memproduksi minuman berbahan baku kesemek yang terkenal memiliki aroma sugar dan segar. Dengan mencampur susu, kopi atau milk tea, sehingga  karakter cita rasa unik dan  disukai generasi millenial. Lidah milineal mesti dibiasakan mencicipi dan mengkonsumsi buah-buah segar hasil budi daya tanaman lokal termasuk kesemek.
Generasi milineal merupakan segmen market yang menjanjikan, sebab: Â Pertama, dengan jumlah populasi yang sangat besar, SP2020 mencatat mayoritas penduduk Indonesia didominasi oleh Generasi Z (lahir pada tahun 1997 -- 2012) dan Generasi Milenial (lahir pada tahun 1981 -- 1996).Â
Proporsi Generasi Z sebanyak 27,94 persen dari total populasi dan Generasi Milenial sebanyak 25,87 persen.Â