Bulutangkis Pilihan

Jelang BWF World Tour Finals, Minions Ingin Tutup Tahun dengan Kemenangan

6 Desember 2018   10:05 Diperbarui: 6 Desember 2018   11:27 544 0 0
Jelang BWF World Tour Finals, Minions Ingin Tutup Tahun dengan Kemenangan
Kevin/Marcus, Ganda Putra Andalan Indonesia (sumber:Bola.com)

Ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon bersiap untuk mengikuti turnamen tutup tahun 2018 ini yaitu, BWF World Tour Finals 2018 yang digelar di Guangzhou 12-16 Desember 2018. Ganda putra yang dijuluki minions ini, diunggulkan memenangkan gelar ini. Hal itu dilihat dari prestasi yang diraih selama 2 tahun terakhir ini. Saat ini, Kevin/Marcus masih menduduki peringkat 1 BWF kategori ganda putra.

Prestasi Kevin/Marcus di tahun 2018 ini sangat mengkilap. Dari 8 gelar di ajang BWF World Tour tahun ini, 2 gelar didapat saat minions tampil di hadapan publik sendiri, yaitu di Istora Gelora Bung Karno. 2 gelar yang diraih, yaitu Indonesia Masters dan Indonesia Open.

Bahkan, medali emas Asian Games 2018 juga diraih di tempat yang sama saat mampu mengalahkan rekannya sendiri, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang melewati perlawanan sengit dengan skor 13-21, 21-18, 24-22.

Selain 2 gelar itu dan medali emas Asian Games 2018, Kevin/Marcus juga mampu mempertahankan gelar All England yang diraih pertama kali tahun lalu. Masih ada lagi gelar-gelar yang diraih, antara lain India Open, Japan Open, Denmark Open, China Masters, dan Hong Kong Open. Banyaknya gelar yang diraih  membuat Kevin/Marcus sulit terbendung tahun ini.

Kevin/Marcus juga ingin kemenangan yang diraih tahun lalu di Dubai dalam Finals BWF Super Series, kembali terulang di tahun ini. Kala itu di final, Kevin/Marcus menaklukan pasangan dari Tiongkok, Liu Zheng/Zhang Nan dengan kemenangan 2 game langsung, 21-16 & 21-15. Tentu saja, lawan akan mencoba hentikan dominasi minions dalam persaingan ganda putra dunia.

Apalagi bermain di Guangzhou, ganda putra Tiongkok akan didukung publik sendiri yang bisa menjadi ancaman pebulutangkis tamu, termasuk Kevin/Marcus. Justru, Kevin/Marcus sendiri juga pernah mengalahkan pasangan Tiongkok yang saat itu sebagai tuan rumah. Minions menang 25-27, 21-17, 21-15 atas pasangan Tiongkok lainnya, He Jinting/Tan Qiang. 

Kevin/Marcus mempersiapkan dengan matang jelang keberangkatannya menuju ke Guangzhou. Pelatih ganda putra Indonesia, Herry IP sempat menggunggah video dalam akun instagram @herry_ip. Dalam video itu terlihat suasana latihan Kevin/Marcus di markas latihan PBSI di Cipayung. Kevin/Marcus akan siap all out untuk mengakhiri tahun 2018 ini dengan podium tertinggi.