Mohon tunggu...
Bona Ventura Ventura
Bona Ventura Ventura Mohon Tunggu... Kontributor buku antologi: Presiden Jokowi: Harapan Baru Indonesia, Elex Media, 2014 - 3 Tahun Pencapaian Jokowi, Bening Pustaka, 2017 | Mengampu mapel Bahasa Indonesia, Menulis Kreatif, dan media digital di SMP Pahoa, Gading Serpong

#Dear TwitterBook, #LoveJourneyBook @leutikaprio

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Membaca, Praktikkan, dan Rengkuh Hasil

4 Agustus 2020   13:05 Diperbarui: 4 Agustus 2020   13:07 734 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membaca, Praktikkan, dan Rengkuh Hasil
sumber gambar - https;//doersempire.com

Membaca buku adalah salah satu cara terbaik memberikan nutrisi bagi bagian leher ke atas. Usai membaca tak jarang hidup seseorang dapat mulai berubah karena mempratikkan hal-hal istimewa dari buku. Artikel berikut mengungkapkan kisah nyata dari dua buku yang penulis baca.

Kupetik hal-hal istimewa dari dua buku tersebut, lalu mempratikkan isi dalam buku untuk hidup. Buku pertama, Outliers dari Malcolm Gladwell dan buku kedua, The Secret dari Rhonda Bryne.Prestasi diperoleh dari ketekunan.

Dalam buku Outliers, Malcolm Gladwell menerangkan efek 10000 jam latihan. 10000 jam yang disarankan oleh Gladwell mutlak diperlukan, jika seseorang ingin menggapai keberhasilan dalam bidang apapun. Aku masih jauh mencapai total angka ideal tersebut, namun aku sudah mulai menuai hasil positif dalam bidang menulis.

Sudah lama aku memiliki impian untuk mengenggam sabak (tablet) pintar berbasis android. Di android play store beragam tawaran aplikasi untuk menunjang kreativitas tersedia. Termasuk aplikasi untuk menulis. Berkali-kali pikiranku terusik. Aku harus dapat memiliki sabak pintar android melalui ajang perlombaan, bukan dengan cara merogoh kocek pribadi.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Di timeline (linikala) aku melihat lomba menulis puisi yang di retweet oleh seorang sastrawan. Lomba menulis puisi yang diselenggarakan oleh akun @puisi360 dan didukung oleh Bapak @GitaWirjawan, Menteri Perdagangan Republik Indonesia 2011-2014. Pada bulan Februari tahun 2014, Gita Wirjawan mengundurkan diri sebagai Menteri Perdagangan untuk mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Demokrat.

Tiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 puisi. Puisi tersebut maksimal memuat 360 karakter. Hadiahnya cukup menggiurkan. 3 pemenang pertama memperoleh masing-masing 1 IPAD + buku + sertifikat. 7 Pemenang kedua memperoleh masing-masing 1 Blackberry + buku + sertifikat dan 10 pemenang ketiga masing-masing 1 sabak android + buku + sertifikat.

Di hari terakhir pengumpulan puisi, 1 Agustus 2013 aku menyempatkan mengirimkan puisi ke panitia lomba. Kekuatan impian (power of dream) mampu menggerakkan alam semesta untuk membantu mewujudkannya. Dalam buku the secret, Rhonda Byrne mengungkapkan tentang hal tersebut. Kabar gembira pun menghampiriku. Semesta membantuku mendapat juara dalam lomba @puisi360. Berikut puisinya:

Indonesia itu inspirasi. Indonesia itu tempat jiwa bersemi. Kini Indonesia ternodai. Caci, dengki, korupsi hiasi beranda kami. Mayoritas unjuk gigi. Minoritas dibenci. Nyaris tak diberi tempat lagi. Airmata menetes dari ibu pertiwi. Ada yang bersimpati. Indonesia adalah rumah. Kami tak mau menyerah kalah. Sekuat tenaga kami jaga, karena Indonesia tempat kami menutup mata.

Puisiku yang berjudul Indonesia Itu memperoleh sebagai pemenang ketiga. Kekuatan impianku untuk memiliki sabak android tercapai. Hal yang mengharukan adalah hadiah tersebut mendarat di tanganku tanpa perlu mengeluarkan sepeserpun rupiah dari saku.

Berkat membaca, mempratikkan hal-hal istimewa dalam buku, dan berpuncak dengan merengkuh hasil. Puisiku tentang Indonesia memperoleh juara. Pengetahuan rahasia sudah kupraktikkan, yakni: hukum tarik-menarik. Ketika aku memiliki impian, impian tersebut dikirim ke Tuhan sang pemilik jagad semesta. Segala sesuatu yang dikirim ke luar akan kembali ke sumbernya. Impianku memiliki sabak android diproses oleh semesta. Segala sesuatu yang sudah berada di semesta kembali lagi ke diriku yang memiliki impian tersebut. Aku bisa. Kini giliran anda.

Segala sesuatu yang datang ke dalam hidup anda ditarik oleh anda ke dalam hidup anda. Segala sesuatu itu tertarik ke anda oleh citra-citra yang anda pelihara dalam benak. Oleh apa yang anda pikirkan (Bob Proctor)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x