Mohon tunggu...
Bokashi Indonesia
Bokashi Indonesia Mohon Tunggu... Lainnya - PT Karya Pak Oles Tokcer

Melindungi Generasi dengan Produk Alami

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami, Gampang dan Aman

21 September 2022   14:06 Diperbarui: 21 September 2022   14:11 71 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cara memutihkan ketiak/freepik.com

Pakaian tanpa lengan atau yang biasa disebut sleeveless sering membuat banyak para wanita merasa dilema. Hal ini dikarenakan pakaian jenis ini dapat memperlihatkan kulit bagian ketiak wanita secara gamblang. Tidak sedikit para wanita yang memiliki kulit ketiak yang gelap sehingga membuat mereka tidak percaya dalam menggunakan beberapa jenis pakaian. Kulit ketiak gelap ini disebabkan oleh adanya penumpukan sel kulit mati atau kondisi ketiak yang mudah berkeringat.

Tapi, kalian tau ga sih kulit ketiak yang gelap ini disebut juga sebagai hiperpigmentasi? Ternyata peradangan di lapisan dalam kulit kita menyebabkan produksi melanin menjadi berlebihan dan tidak terkendali. Ingat, melanin adalah salah satu mekanisme pertahanan alami kulit kita yang paling penting dalam mencegah kerusakan sel kulit. Peradangan yang terus menerus dapat menyebabkan ketiak kamu menjadi gelap seiring waktu. Lalu, apa yang menyebabkan peradangan ini?

Penyebab Ketiak Menghitam

1. Terlalu sering menggunakan deodoran dan antiperspirant

Sebagian besar deodoran memiliki aluminium sebagai bahan aktif, yang menyumbat saluran keringat dan mengiritasi kulit. Selain itu, alkohol juga terdapat dalam deodoran yang cenderung terlalu keras untuk digunakan pada kulit ketiak. Bahan-bahan tersebut dapat mengiritasi kulit secara halus dan menyebabkan peradangan pada kulit. 

Peradangan ini dapat menyebabkan penebalan dan penggelapan kulit seiring waktu. Selain itu, deodoran memiliki kandungan-kandungan kimia lainnya yang dapat mengganggu sistem endokrin sehingga memengaruhi mikroorganisme pada ketiak dan dapat menyebabkan bau badan.

2. Mencukur dengan pisau cukur

Mencukur dengan metode ini bisa mengiritasi kulit tipis ketiak. Kulit kamu bereaksi terhadap iritasi dengan menebal untuk melindungi diri dari kerusakan tambahan. Iritasi juga menyebabkan reaksi peradangan pada kulit kamu, dan dalam jangka panjang, akan mengubah warna kulit menjadi gelap. 

3. Menggosok ketiak dan tubuh secara konstan

Hal ini biasa terjadi pada orang yang kelebihan berat badan. Gesekan konstan menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit. Kulit menebal dan menggelap seiring waktu. Orang dengan berat badan berlebih tidak mungkin dapat menghindari gesekan tersebut, kecuali dengan mengubah gaya hidupnya dan membuat tubuhnya dalam keadaan dan bentuk yang lebih sehat.

Cara Mencegah Ketiak Hitam

Lalu, bagaimana caranya mencegah ketiak menggelap? Cara terbaik untuk mencegah ketiak gelap adalah dengan melakukan perawatan kulit ketiak secara konsisten setiap hari. Berikut beberapa tips yang dapat kamu terapkan.

Oleskan Tabir Surya Secara Teratur 

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit kamu menjadi lebih gelap, jadi memakai tabir surya sangat penting untuk semua orang, terutama bagi mereka yang berkulit putih. Oleskan tabir surya setiap hari, termasuk ke ketiak kamu, sebelum pergi keluar sehingga kamu dapat meminimalisir kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah ketiak gelap.

Jaga Kebersihan Area Ketiak

Selalu mandi setiap hari dengan air hangat dan sabun. Keringkan ketiak kamu secara menyeluruh setelah mandi karena kelembapan berlebih dapat menyebabkan bakteri berkembang biak di bawah ketiak kamu sehingga dapat menyebabkan penggelapan warna kulit.

Bersihkan Ketiak 

Bersihkan ketiak kamu dua kali sehari dengan antiperspirant yang mengandung garam aluminium yang menyerap kelembapan dari kelenjar keringat dan mencegahnya menghasilkan keringat berlebih yang akan menodai pakaian. Coba berbagai deodoran untuk menemukan yang terbaik untuk kamu. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering memakai antiperspirant jika tidak sangat diperlukan.

Hindari Gesekan dari Kain

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan