Mohon tunggu...
Boby Valentino
Boby Valentino Mohon Tunggu... suka menulis

blog pribadi dan tempat berbagi : modelbaju.info/

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Cara Sederhana Membersihkan Kandang Kelinci

25 Februari 2019   23:31 Diperbarui: 9 Mei 2019   20:24 0 1 0 Mohon Tunggu...

Kali ini saya coba share sedikit mengenai tips sederhana gimana sih cara membersihkan kandang kelinci dengan mudah dan cepat. Tidak ada aturan yang ditetapkan untuk seberapa sering membersihkan kandang kelinci Anda, tetapi dengan melakukan sedikit pembersihan setiap hari Anda akan membuat segalanya lebih mudah dan tentu saja untuk kesehatan kelinci di masa yang akan datang.

Sebagai aturan umum, bersihkan kandang kelinci Anda secara menyeluruh setidaknya sekali seminggu. Namun, kandang kelinci Anda mungkin perlu dibersihkan lebih sering, tergantung pada ukuran kandang dan seberapa baik kelinci Anda dilatih untuk menggunakan sampah. Jika Anda memiliki lebih dari satu kelinci, kelinci harus dibersihkan lebih sering.

Pembersihan Kandang Kelinci Harian

Lakukan sedikit pembersihan setiap hari agar kandang kelinci Anda terlihat dan berbau segar. sebelumnya bisa cek juga beberapa model kandang kelinci yang menarik.

  • Buang makanan segar yang tidak dimakan setiap hari dari kandang. Idealnya, lakukan ini dua kali sehari, sekali di pagi hari dan lagi di malam hari.
  • Cuci mangkuk makanan.
  • Cuci dan isi ulang botol air. Sikat botol akan membuat tugas ini lebih mudah.
  • Bercak-bercak kecil bersih seperti tumpahan air dan gumpalan urin yang berada di luar kotak sampah. Ganti area-area ini dengan jerami atau tempat tidur segar jika perlu.
  • Ambil kotak kotoran dan tambahkan lebih banyak sampah atau ganti sampah sesuai kebutuhan.

Pembersihan Kandang Kelinci Mingguan

Pilih satu hari dalam seminggu agar Anda sedikit lebih jauh dalam proses pembersihan.

  • Lepaskan semua aksesori dan mainan dari kandang. Cuci dan gosok menggunakan air dan sabun cuci piring.
  • Angkat dan cucilah semua kain dari kandang. Ganti dengan tempat tidur yang bersih.
  • Bersihkan kandang dengan air panas dan gunakan cuka untuk membantu menghilangkan endapan urin yang membandel. Jika Anda memiliki kandang yang lebih kecil, Anda mungkin ingin membukanya dan membilasnya dengan air di bak mandi atau dengan selang di luar.
  • Desinfektan kandang Anda, tetapi disinfektan apa pun perlu dibilas dengan sangat baik. Pembersih disinfektan bukan pilihan yang baik untuk kandang kayu karena menyerap bahan kimia jika kayu tidak tersegel dengan baik. Larutan pemutih bagian pemutih hingga 10 bagian air dapat digunakan untuk mendisinfeksi kandang dan persediaan lain. Biarkan sangkar dan barang-barang lainnya meresap dalam larutan ini selama sekitar 30 menit dan kemudian bilas semuanya dengan sangat baik.

Membersihkan Kotak Kotoran Kelinci

Seperti disebutkan, kotak kotoran harus diperiksa dan dibersihkan setiap hari. Ini tidak hanya berguna untuk kebersihan, tetapi juga penting sebagai cara untuk memantau urin dan kotoran kelinci Anda. Setiap perubahan dapat mengindikasikan masalah kesehatan pada kelinci Anda.

Frekuensi perubahan kotak kotoran lengkap dan pembersihan akan sangat tergantung pada jenis dan jumlah sampah yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan lapisan sampah yang dangkal, Anda mungkin ingin membersihkan kotak sampah setiap hari. Jika Anda menggunakan lebih banyak sampah untuk membuat lapisan yang lebih dalam, cukup buang kotorannya dan ganti kotoran dengan lebih sering.

Kiat Membersihkan Sangkar Kelinci

  • Garam kalsium cenderung mengendap dari urin kelinci dan membentuk bahan keras yang menempel pada kandang dan kotak sampah. Cuka melarutkan garam kalsium ini, jadi simpan dalam botol semprotan untuk membersihkan panci sampah dengan cepat dan menyemprotkan bagian kandang yang kotor. Jika kotak pasir Anda memiliki lebih banyak endapan yang membandel, cukup rendam dengan cuka selama 10 hingga 20 menit.
  • Pilih tempat tidur penyerap untuk memudahkan pembersihan kandang. Investasikan dalam dua set tempat tidur / selimut untuk setiap kandang kelinci untuk memudahkannya.
  • Cari sangkar besar yang mudah dibersihkan. Permukaan kayu yang terbuka menyerap urin dan kotoran lainnya dan sulit untuk dibersihkan.
  • Membasmi atau mensterilkan kelinci Anda menjaga kandang tetap bersih dengan mengurangi insiden penandaan dan penyemprotan 

more idea cek di modelrumahmu.com

KONTEN MENARIK LAINNYA
x