Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Buruh - 🌱

Terima kasih, Kompasiana dan warganya.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Asal Kata (Opera) Sabun yang Buat Tertegun

17 Januari 2023   04:46 Diperbarui: 17 Januari 2023   04:45 377
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Asal Kata (Opera) Sabun - Foto oleh AurΓ©lia Dubois/ Unsplash

Setiap hari kita menggunakan sabun. Kita mungkin juga gemar menonton opera sabun dalam rupa sinetron dan serial drama. Tahukah Anda, dari bahasa mana bahasa Indonesia menyerap kata (opera) sabun yang membuat orang tertegun?

Menilik sejarah Nusantara, sangat mungkin leluhur kita menyerap kata Portugis sabΓ£o untuk menyebut bahan pembersih berbuih yang kita sebut sabun itu. Setelah Portugis menguasai pelabuhan perdagangan Malaka pada tahun 1511, banyak kata Portugis masuk ke dalam bahasa Melayu.

Bahasa Portugis mengambil inspirasi dari kata Latin sapo. Dari kata sapo inilah muncul sapone (Italia), savon (Prancis), dan jabΓ³n (Spanyol). JabΓ³n berasal dari bentuk akusatif sapo, yakni saponem dalam bahasa Latin.

Menariknya, sapo bukanlah kata asli bahasa Latin. Bahasa Latin meminjam kata Proto-Jerman saipon yang bermakna "zat yang menetes” atau β€œresin". Kata saipon ini mirip dengan kata sepe (Jerman Barat), sjippe (Frisian Barat),Β zeep (Belanda), soap (Inggris), dan SeifeΒ (Jerman).

Uniknya, menurut laman etymonline, kata saipon awalnya merujuk pada pewarna rambut merah yang digunakan para tentara Jerman untuk tampil seram di hadapan para musuh. Makna kata Latin sapo adalah campuran lemak dan abu untuk mewarnai rambut menjadi merah.

Kata sapo pertama kali muncul dalam karya Gaius Plinius Secundus (23-79 M). Menurut Plinius, sebenarnya sabun itu bukan penemuan orang Jerman, melainkan orang Galia. Galia saat ini meliputi, antara lain, Prancis, Italia, Belanda, dan Jerman.

Plinius menulis, sabun lebih banyak digunakan para pria ketimbang kaum hawa Jerman (Naturalis HistoriaΒ 28.51). Sepertinya kaum adam Jerman memang sudah sangat peduli penampilan sejak zaman baheula.

Sangat menarik bahwa sabun ditemukan orang Galia, namun diberi nama populer sapo oleh orang Romawi berbahasa Latin dengan meminjam saipon dari Proto-Jerman.

Lantas, dari mana muncul "opera sabun"? Bahasa Indonesia menerjemahkan istilah Inggris soap opera menjadi opera sabun. Menurut laman wordhistories, kata soap opera merujuk pada Β serial drama televisi atau radio yang disponsori oleh perusahaan sabun Amerika Serikat.

Kata soap opera muncul pertama kali dalam The Pittsburgh Press 6 Maret 1938.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun