Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... -samadi-

Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Ini 5 Cara Menebak Soal Ujian, Sst...Jangan Sampai Guru dan Dosenmu Tahu!

8 Juni 2021   10:12 Diperbarui: 11 Juni 2021   09:14 489 35 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini 5 Cara Menebak Soal Ujian, Sst...Jangan Sampai Guru dan Dosenmu Tahu!
Ilustrasi ujian (KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO)

"Belajar lebih dari sekadar lulus ujian"

Memang benar, pepatah Latin mengatakan "Non scholae sed vitae discimus" atau "Kita belajar bukan cuma demi sekolah, tapi demi kehidupan". Belajar lebih dari sekadar lulus ujian.

Masalahnya, jika tak lulus ujian, kacau juga bukan? Nah, bagaimana cara menebak soal ujian setelah kita belajar seluruh materi yang diberikan? Ssst.. jangan sampai guru dan dosenmu tahu kiat menebak soal ujian ini. Hehehe.

Artikel ini mohon jangan dianggap membuat para murid dan mahasiswa bodoh. Bukan. Kan saya tegaskan bahwa ini adalah cara menebak soal ujian setelah murid dan mahasiswa belajar seluruh materi yang diajarkan guru dan dosen

Jadi, saya tidak sedang mengajak murid dan mahasiswa belajar hanya kisi-kisi saja atau menebak ngawur saja dengan model untung-untungan ala hitung kancing baju. Hehe.

Inilah 5 cara menebak soal ujian berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya. Boleh percaya, tetapi sebaiknya tidak usah dipercaya. 

Pertama, kenali kata-kata kunci yang sering diulangi guru dan dosen

Materi yang penting tentu sering diberi penekanan oleh guru dan dosen. Kata-kata dan kalimat kunci akan sering diucapkan berulang kali agar siswa mengingatnya. Nah, catat apa saja kata-kata kunci yang sering ditekankan dan diulang di kelas. 

Peluang kata-kata dan kalimat kunci itu untuk muncul di soal ujian sangat besar. Dalam beberapa pengalaman saya, peluangnya bahkan mencapai 90-100 persen. 

Kedua, perhatikan penekanan dosen dan guru pada bahan tertentu

Selain lewat kata-kata kunci, guru dan dosen biasanya menekankan bahan tertentu dengan aneka cara. Umpama:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN