Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Keberagaman adalah anugerah terbaik bagi Indonesia

ruangberbagikompasiana@gmail.com. Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial. Hak cipta dilindungi UU.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Kala ke Pasar Jangan Lupa Pakai Seluar, Kala Webinar?

20 November 2020   16:07 Diperbarui: 20 November 2020   16:16 176 40 16 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kala ke Pasar Jangan Lupa Pakai Seluar, Kala Webinar?
sumber foto ilustrasi webinar: pexels.com

Adakala bahasa Indonesia mengejutkan kita. Kita mengira, kita sudah cukup tahu bahasa nasional kita. Padahal, semakin kita belajar bahasa Indonesia, semakin banyak kita tahu ada banyak hal yang belum kita ketahui.

Contoh, ada yang tahu ada berapa jumlah kosakata bahasa Indonesia sekarang? Menurut harian Kompas, Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI memiliki sekitar 111.000 kosakata dengan 127.000 makna kata. 

Jumlah kosakata baru bahasa Indonesia terus ditambah. Setiap tahun, diadakan pemutakhiran kosakata KBBI yang bahannya didapat dari masukan masyarakat dan hasil proses diskusi. Diskusi tersebut biasanya diadakan dua kali dalam setahun, yakni pada bulan April dan Oktober.

Kosakata baru itu didapat juga dari kata-kata serapan bahasa asing dan bahasa-bahasa daerah di Nusantara.

Seluar

Waktu saya bertugas di sebuah daerah di salah satu ujung utara Indonesia, saya bingung kala mendengar anak-anak bicara soal seluar. Apa itu? Seluler jelas kita tahu. Seluar?

Seumur-umur di Jawa, saya belum pernah mendengar kata ini. Kata seluar agak lama luput dari perhatian saya. Baru-baru ini, saya kembali menemuinya saat iseng-iseng membuka KBBI daring.

Ternyata, kata seluar ini sangat penting bagi kita semua. Kalau ke pasar jangan lupa pakai seluar. Juga ketika bepergian keluar, jangan lupa mengenakan seluar

Bertamasya bersama kerabat pun hendaknya memakai seluar. Makan di warung dan ngopi-ngopi di beranda rumah pun sebaiknya pakai seluar. Iya, seluar itu penting sekali, tapi apa itu?

Arti kata seluar dalam KBBI

Seluar itu celana. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN