Mohon tunggu...
Ruang Berbagi
Ruang Berbagi Mohon Tunggu... Dosen - 🌱

Menulis untuk berbagi pada yang memerlukan. Bersyukur atas dua juta tayangan di Kompasiana karena sahabat semua :)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Trik Menulis Artikel di Kompas Setelah Berkali-kali Kandas

2 Oktober 2019   06:23 Diperbarui: 3 Oktober 2019   20:04 11732
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: kompas.id

Hari pertama di bulan Oktober rupanya membawa kebahagiaan bagi penulis pemula seperti saya. Tulisan rubrik Bahasa bertajuk "Boneka (Bukan) dari India" yang saya kirim tiga minggu lalu akhirnya dimuat Kompas cetak 1 Oktober 2019.

kompas.id
kompas.id
Sungguh, kebahagiaan membuncah di hati saat pertama kali membaca tulisan sendiri di Kompas. Impian saya agar suatu saat tulisan saya dimuat koran sekeren Kompas akhirnya terwujud setelah berkali-kali usaha saya kandas.

Ditolak Berkali-kali sampai Tak Sakit Hati

Seingat saya, sudah beberapa kali tulisan saya dikembalikan oleh Redaksi Kompas. Semua artikel yang saya kirim adalah artikel opini. Ada beberapa alasan penolakan Kompas atas tulisan-tulisan saya sebelumnya. 

Pertama, tema sudah banyak diulas penulis-penulis lain atau sudah tidak hangat lagi.

Kedua, tidak ada tempat. Alasan kedua ini amat bisa kita pahami karena memang persaingan untuk menembus Kompas amat ketat, tak sebanding dengan kemampuan Kompas menyediakan ruang untuk semua artikel yang sebenarnya mutunya unggul.

Saya salin-potong surat dari Kompas:

"Kami memberitahukan bahwa pada tanggal NN Redaksi Kompas telah menerima Artikel Anda berjudul "NN". Terima kasih atas partisipasi dan kepercayaan yang Anda berikan kepada Kompas.

Setelah membaca dan mempelajari substansi yang diuraikan di dalamnya, akhirnya kami menilai ARTIKEL tersebut tidak dapat dimuat di harian Kompas. Pertimbangan kami,

√ sudah banyak diulas di media

Harapan kami, Anda masih bersedia menulis lagi untuk melayani masyarakat melalui Kompas, dengan topik atau tema tulisan yang aktual dan relevan dengan persoalan dalam masyarakat, disajikan secara lebih menarik.

Untuk kelengkapan administrasi, bila mengirimkan tulisan mohon disertakan pas foto (Abaikan bila sudah pernah kirim). Terima kasih."

 -------

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun