Mohon tunggu...
Bobby MSF
Bobby MSF Mohon Tunggu... pembelajar

Surel: kontakbobby@zoho.eu. https://ebooks.gramedia.com/books/wanita-wanita-mulia-dalam-alkitab-35-kisah-dan-renungan https://www.instagram.com/p/B1z5sLjHD81/?igshid=y4cu9zl7o7fg

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Rapor Merah Vietnam Mencuri Ikan, Menteri Susi Makin Galak!

30 April 2019   03:36 Diperbarui: 30 April 2019   19:31 0 11 5 Mohon Tunggu...
Rapor Merah Vietnam Mencuri Ikan, Menteri Susi Makin Galak!
dok TNI AL

Baru-baru ini dua kapal pengawas perikanan Vietnam KN 264 dan KN 231 telah dengan sengaja menabrakan diri ke KRI Tjiptadi-381 yang sedang membawa Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam BD 979 yang tertangkap melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia khususnya wilayah utara perairan Natuna.

Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono mengatakan, insiden tersebut terjadi sekitar pukul 14.45 WIB, Sabtu (27/4/2019).
Awalnya, KRI Tjiptadi-381 melaksanakan Penegakan Hukum di ZEE Indonesia, tepatnya di Laut Natuna Utara terhadap KIA Vietnam BD 979 yang sedang mencuri ikan.

KRI Tjiptadi-381 menangkap KIA Vietnam tersebut. Namun KIA tersebut dikawal oleh Kapal Pengawas Perikanan Vietnam yang kemudian berusaha untuk menghalangi proses penegakkan hukum yang dilakukan oleh KRI Tjiptadi-381. 

"Dua kapal pengawas perikanan Vietnam melakukan provokasi melalui usaha mengganggu proses penegakkan hukum dengan cara menumburkan kapalnya ke KRI Tjiptadi-381," kata Yudo.

Provokasi yang Memancing Emosi Prajurit TNI

Dalam video yang beredar di Youtube, prajurit TNI AL sempat terpancing emosi dengan memukul bagian kapal Vietnam yang menabrak KRI Tjiptadi-381. Akan tetapi, seluruh awak TNI AL di kapal itu secara umum berhasil mengendalikan diri. Tidak ada tembakan senapan yang dilakukan.


Yugo mengaku terkait kejadian ini pihaknya akan menyelesaikan melalui Goverment to Goverment (G to G).

Dihubungi secara terpisah, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan bahwa Kementerian Luar Negeri telah memanggil wakil dari Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta dan menyampaikan protes Indonesia atas kejadian yang terjadi kemarin. 

Rapor Merah Kapal-Kapal Pencuri Ikan Asal Vietnam

Bukan sekali ini saja kapal-kapal berbendera Vietnam berlaku seenaknya mencuri ikan di perairan Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4