Mohon tunggu...
Bernadeth Marsella Giovanni Lacaden
Bernadeth Marsella Giovanni Lacaden Mohon Tunggu...

20yo. Accounting Student. Graduate 2016, Soon!

Selanjutnya

Tutup

Kotak Suara

Sistem Akuntansi Penjualan Kredit Perusahaan Catering

7 November 2015   11:34 Diperbarui: 12 November 2015   06:40 0 0 0 Mohon Tunggu...

Setiap mahasiswa tingkat akhir diseluruh universitas pasti harus membuat tugas akhir sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan jenjang pendidikan nya. Tugas akhir itu adalah bentuk praktek dan ide yang dituangkan oleh mahasiswa berisi tentang materi yang telah dipelajari selama melaksanakan kuliah selama 3/4 tahun.

Sebagai mahasiswa tingkat akhir di politeknik negeri bandung jurusan akuntansi, saya pun mulai memikirkan apa topik/judul tugas akhir yang akan saya ambil nanti. Banyak topik yang dapat dipilih mulai dari sistem informasi akuntansi, auditing, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, perpajakan, akuntansi keuangan dll. Namun selama saya berkuliah saya lebih tertarik dan memahami tentang sistem informasi akuntansi, maka saya memutuskan untuk menagambil topik itu. Saya memfokuskan untuk membahas sistem akuntansi penjualan kredit pada perusahaan catering.

Penjualan merupakan kegiatan rutin perusahaan yang penting dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup karena besar kecilnya volume penjualan akan berpengaruh pada laba yang didapat. Informasi yang berkualitas, akurat, dan relevan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pihak manajemen dalam mengelola kegiatan operasinya. Informasi yang disajikan membutuhkan suatu sistem yang efektif dan efisien agar pihak manajemen mudah dalam mengambil keputusan.

Salah satu sitem yang berperan dalam pengambilan keputusan adalah sistem informasi akuntansi. Dengan adanya sistem informasi akuntansi yang baik data-data transaksi yang dapat diolah menjadi informasi yang berguna dan bernilai bagi para pengguna informasi maupun para pemegang kepentingan. Sistem akuntansi mengorganisasikan formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasikan sedemikan rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan untuk menjalankan perusahaan. Salah satu sistem akuntansinya adalah sistem akuntansi penjualan.

Perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa tata boga (catering) yang melakukan pengadaan makanan dan minuman dengan pelayanan jasa lainnya yang berorientasi pada kepuasan konsumen. Dalam melakukan kegiatan penjualan, perusahaan catering dapat melakukan dengan cara tunai dan kredit. Perusahaan catering menerapkan sistem penjualan kredit dalam melakukan usahanya, yaitu jika pesanan dari pelanggan telah dipenuhi dengan pengiriman atau penyerahan jasa, untuk jangka waktu tertentu akan menimbulkan piutang bagi perusahaan. Maka penjualan kredit merupakan kegiatan yang memerlukan perhatian khusus karena dari piutang itulah perusahaan memperoleh pendapatan.

Penjualan secara kredit untuk perusahaan merupakan hal yang sering terjadi, namun seringkali jumlah piutang yang terjadi tidak sesuai dengan pencatatan karena kesalahan pengakuan ataupun kesalahan pencatatan sehingga dapat menyebabkan kerugian terutama bila jumlahnya sangat besar. Kejadian seperti ini dapat menganggu stabilitas dan kelangsungan hidup perusahaan bila berlangsung dalam jangka waktu yang lama maka dapat menyebabkan perusahaan kehilangan hak hidup dan kemampuannya dalam bersaing maupun dalam bertahan sehingga perusahaan tidak dapat beroperasional lagi dan seringkali akhirnya timbul beban yang harus ditanggung oleh pengurus dan pemilik perusahaan.

Untuk memulai tugas akhir, maka terlebih dahulu saya harus mempunyai tinjauan pustaka atau teori dasar:
a. Pengertian sistem menurut Jogiyanto (1999;1) diartikan sebagai berikut: “Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.”
Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa sistem merupakan suatu bagian yang saling berhubungan, berkaitan satu sama lain dan berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem informasi sangat dibutuhkan oleh berbagai organisasi apapun jenisnya, karena aktivitas perusahaan tergantung dari suatu manajemen yang unggul dan profesional, untuk itu dibutuhkan informasi yang akurat dan tepat waktu.

b. Akuntansi adalah suatu bahasa di dalam aktivitas pencatatan, pengklasifikasian dan pengolahan data yang terdapat pada perusahaan untuk menjadi informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi.

c. Sistem informasi akuntansi adalah kumpulan dari berbagai sumber daya seperti manusia, peralatan, modal, catatan-catatan, formulir dan laporan yang terorganisir dan dikoordinasi sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan informasi yang memiliki nilai guna dalam hal keuangan yang berpengaruh terhadap kegiatan bisnis perusahaan atau organisasi. Di mana sistem ini merupakan kumpulan dari subsistem yang memasukkan semua informasi yang diperoleh dari aktivitas bisnis perusahaan.

d. Penjualan kredit adalah aktivitas penjualan yang menimbulkan tagihan/piutang kepada pembeli sehingga penjualan tidak menerima uang tunai pada saat barang diserahkan kepada pembeli.

e. Piutang adalah tagihan meliputi segala macam tuntutan atau klaim kepada pihak yang pada umumnya akan berakibat adanya penerimaan kas atau dalam bentuk lain di masa yang akan datang. klasifikasi piutang adalah sebagai berikut, Piutang Usaha, Wesel Tagih, dan Piutang Lain-lain yang meliputi, piutang bunga, piutang pajak, dan piutang dari pejabat atau karyawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x