Mohon tunggu...
Nani Kusmiyati
Nani Kusmiyati Mohon Tunggu... Guru - English teacher, Trainer, Writer and Woman Navy

I love teaching, writing and reading

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Nasi Pecel

24 November 2022   21:12 Diperbarui: 24 November 2022   21:24 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nasi Pecel

Hampir di berbagai daerah di Indonesia mengenal makanan khas yang bernama Nasi Pecel, namun lebih sering ditemukan di Pulau Jawa dengan nama yang berbeda.

Saya paling suka pecel Kediri karena saya berasal dari kota ini. Di Kediri selain pecel dengan bumbu kacang ada juga bumbu dari tempe yang sengaja disimpan untuk beberapa hari sehingga pecel tersebut memiliki nama pecel tumpang. Sudah pernakah mencoba pecel tumpang?

Jika berlibur di Kediri atau sekedar singgah, saya sarankan mencicipi nasi pecel tumpang campur dengan bumbu kacang. Jika suka nasi tumpang saja atau nasi pecel dengan bumbu kacang boleh juga.

Teman dari nasi pecel biasanya mendoan, tempe, tahu dan peyek kacang atau teri. Wah lebih banyak temannya ya. Kadang saya suka nasi pecel dengan telor asin dan kerupuk putih jika tidak bertemu peyek dan teman-teman pecel tersebut.

Penjual pecel banyak di jumpai di sepanjang pinggiran Jalan Dhoho Kediri ketika malam hari. Para pembeli biasanya duduk diatas tikar sambil berbincang-bincang dengan sanak saudara atau dengan teman-teman mereka. Air putih, teh manis atau kopi juga hadir sesuai pesanan disamping nasi pecel. Beberapa pembeli makan sambil menikmati suasana malam dengan kendaraan lalu lalang.

Pada saat lebaran sulit sekali di jumpai penjual nasi pecel, mungkin karena mereka ikut berlebaran. Jika ada yang jualan pasti sudah antri dan terkadang tidak kebagian. Di pagi hari saya biasanya beli nasi pecel tumpang di tetangga yang buka di lorong sempit di daerah Majenan. Pecelnya sangat lezat ketika pindah ke lorongpun banyak yang mencari.

Saat ini hanya bisa membayangkan saja karena belum sempat berlibur ke Kediri.  

Nasi pecel juga dijumpai di Kota Madiun. Pecel Madiun memiliki kemiripan rasa, cara penyajian dan memasaknya. Jika saya tidak berjumpa kedai penjual nasi pecel Kediri terdekat dengan tempat tinggal saya saat ini, maka saya mencari kedai nasi pecel Madiun.

Jika ingin menyajikan nasi pecel sendiri, tinggal beli beberapa sayuran seperti kenikir, kacang panjang, toge dan bunga Turi, kemudian di rebus. Sedangkan bumbu pecel dapat dibeli di supermarket, mini market atau pasar tradisional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun