Mohon tunggu...
Nani Kusmiyati
Nani Kusmiyati Mohon Tunggu... Guru - English teacher, Trainer, Writer and Woman Navy

I love teaching, writing and reading

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Makanan Favorite

30 September 2022   08:44 Diperbarui: 30 September 2022   08:48 178 6 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
pexels-klaus-nielsen-6294354

MAKANAN FAVORITE

Setiap  orang pasti memiliki makanan favorite. Mungkin tidak hanya satu bahkan dua atau tiga makanan. Demikian juga dengan aku, aku banyak memiliki makanan favorite. Karena aku sebenarnya suka makan apa saja yang terpenting rasanya enak dengan bumbu yang pas dengan lidahku. Tentunya makanan itu tidak memabukkan ya. Semenjak sembuh dari operasi batu empedu aku mulai doyan makan. Namun aku harus dapat memilih makanan yang sehat untuk tubuhku. Sebenarnya agak susah untuk mendapatkan makanan sehat itu karena hampir semua makanan berminyak karena di goreng. Jika direbus pastilah rebusan seperti ubi, singkong juga beberapa sayuran tapi rasanya tidak gurih, kecuali jika ditambahkan bumbu perasa atau santan barulah makanan itu sedap menurut lidahku. Nah tetap mengandung minyak karena santan. Karena kegiatan banyak dan sedikit waktu untuk memasak sendiri, maka aku terpaksa beli di kantin kantor pada saat di hari kerja dan di sebelah kanan atau kiri rumahku jika aku bekerja di rumah atau sedang libur. Kadang-kadang aku pesan tetanggaku untuk memasakkan atau aku menyebutnya catering.

Yuk kita intip apa saja makanan favoritku. Aku paling suka dadar telor atau omelette dalam bahasa Inggrisnya. Terlebih jika omelette buatan chef hotel. Omelette dapat berisi daging cincang, jamur, irisan tomat dan daun bawang sesuai selera. Aku suka banget makanan ini selain simple masakknya juga enak untuk sarapan pagi dengan beef atau chicken sausage (sosis daging sapi atau ayam) dengan secangkir teh melati (jasmin tea) hangat. Pasti ikutan membayangkan ya. Jika sarapan ingin lebih kenyang lagi ditambahkan dengan sepotong roti bakar yang diolesi butter (mentega). Aku lebih suka memilih butter dari pada jam (selai) dengan aneka rasa karena saya lebih suka rasa gurih asin daripada manis.

Jika omelette buatan rumahan, aku paling suka omelette yang di campur dengan sedikit tepung maizena. Kakak perempuanku pandai buat ini, namun tidak denganku. Walau aku memasaknya dengan menggunakan campuran yang sama tapi hasilnya akan berbeda. Jika di rumah sepiring kecil nasi putih yang masih hangat ditemani omelette rumahan dan secangkir teh melati hangat, maka sarapan terasa lezat.

Jika di pagi hari aku belum selera untuk sarapan, aku biasanya menaruhnya di tepak makan (breakfast box) karena aku berangkat ke kantor setelah sholat Subuh. Kadang aku membawa cemilan seperti sosis atau chicken nugget goreng untuk putraku. Jika di dalam perjalanan ternyata kondisi jalanan tidak bersahabat karena macet, aku biasanya menyuapi putraku yang yang sedang mengendarai mobil dengan beberapa potong sosis atau chicken nugget goreng. Biasanya putraku meminta aku untuk sarapan di mobil terlebih dahulu jika aku lapar. Sambil mendengarkan musik yang sudah tersambung bluetooth di HP ke speaker mobil, aku bisa menikmati makanan yang aku bawa. Perjalanan ke kantor jika lancar bisa memakan waktu satu setengah jam. Jika macet bisa dua atau dua setengah jam padahal sudah lewat tol. Kondisi jalanan dari Jonggol menuju Jakarta tidak bersahabat, selalu saja macet.

Nah itulah makanan favoritku pada saat sarapan. Jika ingin tahu cara buat omelette ala hotel atau rumahan bisa cek ke google ya. Tunggu ceritaku selanjutnya tentang makanan favoritku untuk makan siang dan malam.

Jakarta, 30 September 2022

NANI KUSMIYATI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan