blueland
blueland Blogger, Editor

Editor, penulis lepas, kaskuser, blogger

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Hemat Waktu Berbelanja di Jakarta Fair Dengan Aplikasi JFK

13 Juni 2018   17:51 Diperbarui: 13 Juni 2018   18:01 597 0 0
Hemat Waktu Berbelanja di Jakarta Fair Dengan Aplikasi JFK
Asuransi PT. JASARAHARJA PUTERA melindungi setiap pengunjung Jakarta Fair dengan asuransi kecelakaan diri (Foto by: Rey Janecekova)

Jalan-jalan ke Jakarta Fair, jadi kegiatan rutin setiap tahun. Entah kenapa selalu ada aja kegiatan yang mengharuskan saya datang kesana. Padahal rata-rata yang dijual disana ya sama seperti produk-produk yang dijual di supermarket. Tapi, pasti ada bedanya. Yang berbeda adalah harganya. Di Jakarta Fair ini harga-harga produk makanan dan minuman memang jauh berbeda dengan harga jual di luar. Rata-rata produk-produk tersebut, terutama produk makanan dan minuman, sudah dikemas  sedemikian rupa ditempatkan pada tas atau kemasan yang imut dan dijual berupa paket.

Untuk masuk ke area Jakarta Fair, seperti biasa pengunjung harus membeli tiket di loket-loket yang disediakan. Harga tiket masuknya adalah tigapuluh ribu rupiah untuk hari biasa, yang dibuka mulai jam 15:30 sampai dengan jam 22:00, duapuluh lima ribu rupiah untuk hari senin dengan jam buka dari jam 15:30 sampai dengan jam 22:00 dan tigapuluh lima ribu rupiah untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur yang dibuka mulai jam 10:00 pagi sampai dengan jam 23:00. Sementara pada malam takbiran, yaitu tanggal 14 Juni 2018, Jakarta Fair dibuka mulai jam 10:00 dan tutup lebih awal pada jam 18:00 dengan harga tiket masuk sebesar tigapuluh lima ribu rupiah.

Untuk tiket masuk yang kita beli, banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan. Kita akan dapat selembar kertas yang berisi kupon-kupon diskon untuk produk-produk yang ada di Jakarta Fair. Bahkan nomor dari tiket tersebut juga dapat diikut sertakan pada undian yang berhadian motor dan hadiah-hadiah menarik lainnya. 

Untuk Grandprizenya, Jakarta Fair menyediakan 4 buah mobil yang akan diundi di hari terakhir nanti. Danyang tidak kalah penting, dengan membeli tiket Jakarta Fair secara otomatis kita sudah dilindungi oleh Asuransi PT. Jasaraharja Putera apabila sampai terjadi kecelakaan selama kita berada di area Jakarta Fair.

Arena Jakarta Fair Kemayoran yang memiliki luas kurang lebih 125.000 meter persegi dengan jumlah tenant lebih dari 2500 tenant ini setiap harinya dipadati pengunjung, dari hari pertama pembukaan. Sepertinya ajang pameran tahunan ini memang sangat dinantikan oleh banyak orang terutama untuk mengisi waktu liburan sekolah. Dan penyelenggaraan Jakarta Fair tahun ini kebetulan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan dan juga hari raya Iedul Fitri. Oleh karena itu, Jakarta Fair kali ini sangat tepat sekali untuk berbelanja kebutuhan-kebutuhan lebaran.

Dengan luas sebesar itu dan tenant sebanyak itu, bagaimana kita bisa tahu dimana stand untuk produk yang kita cari? Kita tidak perlu khawatir tidak dapat menemukan stand-stand  untuk produk yang kita cari karen pada saat memasuki arena Jakarta Fair dan juga di setiap hall ada meja dimana kita bisa mendapatkan informasi yang kita perlukan. Dan dimeja tersebut kita bisa mendapatkan peta Jakarta Fair dengan gratis. 

Tetapi ada cara yang jauh lebih mudah untuk merencanakan apa yang akan kita cari di Jakarta Fair beserta letak-letak dari stand yang kita cari. Sebelum kita ke Jakarta Fair, kita bisa langsung mendownload aplikasi Jakarta Fair yang bisa kita unduh langsung dari google play store. 

Pada aplikasi tersebut kita bisa tahu produk apa saja yang bisa kita dapatkan di Jakarta Fair, berapa besar diskonnya dan dimana letak standnya. Pada aplikasi tersebut juga terdapat e-voucher yang bisa kita download untuk kita tukarkan dengan hadian atau untuk mendapatkan potongan harga untuk produk tertentu. Kita bisa langsung tunjukkan di stand yang bersangkutan untuk meredeem voucher tersebut. 

Aplikasi Jakarta Fair, membantu merencanakan kegiatan kita selama berada di Jakarta Fair (Foto by: Rey Janecekova)
Aplikasi Jakarta Fair, membantu merencanakan kegiatan kita selama berada di Jakarta Fair (Foto by: Rey Janecekova)
Banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan apabila kita mengunduh dan menginstall aplikasi tersebut. Kita jadi bisa lebih menghemat waktu untuk berbelanja karena kita sudah membuat catatan barang apa saja yang akan kita beli dan dimana letak standnya. 

Dengan perencanaan belanja tersebut, kita jadi bisa menghemat waktu berbelanja, sehingga sisa waktu kita masih dapat kita pakai untuk menikmati kuliner-kuliner yang khas dari Jakarta Fair maupun kuliner ala daerah tertentu (pada Jakarta Fair kali ini terdapat area kuliner Bali dan Betawi), atau bahkan kita bisa meluangkan waktu untuk menikmati pertunjukan musik yang selalu digelar di Panggung Utama dan diisi oleh musisi musisi papan atas Indonesia.

Kerak Telor, kuliner khas Betawi yang juga merupakan khas Jakarta Fair (Foto by : Rey Janecekova)
Kerak Telor, kuliner khas Betawi yang juga merupakan khas Jakarta Fair (Foto by : Rey Janecekova)
Hampir semua stand yang ada di Arena Jakarta Fair selalu dipenuhi oleh pengunjung. Baik itu stand makanan, minuman, keperluan rumah tangga, elektronik bahkan juga stand-stand otomotif dan perbankan. Besarnya diskon yang ditawarkan oleh setiap stand menjadikan pengunjung sangat antusias berbelanja. Beberapa kali terlihat keluarga yang membawa stroller penuh dengan belanjaan, sementara sang anak berjalan digandeng oleh orang tuanya. 

Penyelenggaraan Jakarta Fair setiap tahun selalu bertepatan dengan momen kenaikan kelas untuk anak-anak sekolah. Dan pada momen tersebut, tentu saja bagi orang tua merupakan momen yang tepat untuk berbelanja kebutuhan sekolah seperti buku, tas sekolah dan sepatu. 

Produk-produk keperluan sekolah di Jakarta Fair juga memiliki diskon yang sangat menggiurkan. Itulah sebabnya stand-stand yang menjual keperluan sekolah seperti tas dan sepatu selalu dipenuhi pengunjung. 

Jakarta Fair 2018 yang dibuka pada tanggal 23 Mei 2018 lalu oleh bapak Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan ini akan dibuka selama 40 hari sampai dengan tanggal 1 Juli 2018 nanti. Bahkan pada hari raya Iedul Fitri pun akan tetap buka seperti biasa. Jadi untuk yang tahun ini tidak ada acara pulang kampung bisa meluangkan waktu sekedar berjalan-jalan menikmati kuliner khas Jakarta Fair atau berbelanja bersama keluarga ke Jakarta Fair Kemayoran 2018 ini.