Mohon tunggu...
Amanda Ibel
Amanda Ibel Mohon Tunggu... Mahasiswa - UPN Veteran Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Diplomasi Budaya Indonesia pada Pembukaan Sea Games 2021

23 Mei 2022   11:10 Diperbarui: 23 Mei 2022   11:18 60 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Parade Pembukaan Sea Games 2021 oleh Kontingen Indonesia

Pada Kamis 12 Mei 2022 jam 19.00 WIB, pembukaan Sea Games 2021 resmi berlansung di Hanoi, Vietnam. Sea Games adalah sebuah pertandingan olahraga yang dilaksanakan oleh seluruh negara di Asia Tenggara yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, Singapura, Timor Leste serta Vietnam selaku tuan rumah. Pertandingan olahraga tersebut mencakup badminton, atletik, aquatik, menembak dan lainnya. Negara yang berkesempatan menjadi tuan rumah pada Sea Games 2021 ini adalah Vietnam. Sebelumnya pada tahun 2003, Vietnam juga sempat menjadi tuan rumah Sea Games.

Meskipun pembukaan Sea Games 2021 dilaksanakan pada 12 Mei 2022 tetapi pertandingan sudah digelar sejak 6 Mei 2022, beberapa diantaranya adalah pertandingan aquatic, sepak bolak dan catur. Pada Sea Games 2021 ini, Indonesia mengirimkan 776 delegasi dengan rincian yaitu 499 atlet, 214 ofisial serta 62 asisten yang turut menghadiri pesta olahraga tersebut. Indonesia sendiri akan bertanding dalam 32 cabang olahraga dari 40 cabang olahraga yang ada. Bahkan pada Sea Games tahun ini, eSports kembali dipertandingkan setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2019 lalu.  Diketahui bahwa seharusnya Sea Games ini dilangsungkan pada 21 November 2021, tetapi akibat kasus COVID-19 di Vietnam pada saat itu mengalami peningkatan maka dilakukan penundaan.

Pembukaan acara dilaksanakan di Stasion My Dinh. Indonesia turut berada dalam parade defile, dimana kontingan Indonesia berada pada urutan ketiga setelah Brunei Darussalam dan Kamboja. Hal ini dapat menjadi sebuah kesempatan dalam melakukan diplomasi budaya dimana pada kesempatan tersebut, para kontingen Indonesia menggunakan polo shirt putih dengan cardigan merah dan penutup kepala khas daerah-daerah di Indonesia sehingga dapat menunjukkan dan memperkenalkan ragam budaya Indonesia. Penutup kepala yang digunakan oleh para kontingen Indonesia melambangkan berbagai ciri khas dari daerah-daerah di Indonesia.

Ferry J. Kono selaku Chef de Mission (CdM) menjadi pemimpin kontingen Indonesia dan Emilia Novia menjadi pembawa bendera Indonesia yang merupakan atlet lari gawang pada pembukaan acara dengan jumlah total perwakilan kontingen dari Indonesia yaitu 29 perwakilan dari berbagai macam cabang olahraga pada Sea Games 2021. Diketahui bahwa Emilia Nova menjadi kontingen atlet putri pertama yang menjadi pemegang bendera merah-putih di Sea Games selama ini.

Setiap atlet menggunakan atribut yang menunjukkan identitas dari negara asal yaitu Indonesia sehingga dapat memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia melalui atribut yang digunakan yaitu penutup kepala dengan ciri khas dari 34 provinsi di Indonesia. Selain itu, penggunaan busana yang sederhana dengan menggunakan polo dan cardigan nuansa merah putih serta celana polos berwarna cream memiliki arti yaitu kesederhanaan yang ada pada Indonesia serta sama dengan warna bendera Indonesia.

Pada saat pembukaan tersebut, Ferry J. Kono yang beraal dari Gorontalo menggunakan baju Takowa Kiki yang merupakan baju Raja Gorontalo, dimana pada baju tersebut terdapat rantai emas di sisi kiri dan kanan yang melambangkan seorang raja yang netral dan memiliki kesabaran. Baju yang digunakan oleh Cdm Kontingen Indonesia yaitu Ferry memiliki warna yang beragam dan meriah seperti merah, kuning, hijau hingga ungu. Baju tersebut diketahui didesain langsung oleh desainer lokal Gorontalo yang menunjukkan bahwa banyak keahlian dari masyarakat lokal yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia.

Tim Indonesia yang didominasi oleh atlet junior juga menjadi pertimbangan busana kontingen Indonesia bertema sporty casual. Tidak hanya menggunakan ikat kepala nuansa Indonesia, para kontingen juga menggunakan sepatu lokal Fine Counsel milik Greysia Polii yang merupakan pebulu tangkis nasional. Busana khas Gorontalo yang digunakan oleh Ferry J. Kono dan atribut kepala yang digunakan para atlet Indonesia secara langsung memperkenalkan kebudayaan Indonesia.

Hal tersebut bermaksud bahwa Indonesia menunjukkan kebanggaan akan produk buatan lokal. Pada parade defile ini, Ferry J. Kono yang memimpin kontingen Indonesia berjalan bersama pembawa bendera serta banyak atlet dari Indonesia lainnya dari berbagai cabang olahraga yaitu renang, esports, jujitsu dan atletik serta ditemani oleh lima perwakilan headquarter.

Para perwakilan yang mengikuti parade juga dipilih dengan menyesuaikan jadwal pertandingan, dimana para atlet yang bertanding keesokan harinya tidak menjadi perwakilan, sehingga perwakilan yang dipilih pada parade diketahui baru akan bertanding pada 14 Mei 2022 dengan tujuan supaya para atlet tidak kelelahan akibat parade yang dilakukan sebelum pertandingan yang khawatir akan mempengaruhi kondisi dan fokus para atlet yang akan bertanding.

Selain ikat kepala yang menjadi ciri khas keberagaman budaya nusantara, Monas dan Candi Borobudur juga menjadi simbol yang merepresentasikan Indonesia dalam Sea Games 2021. Hingga saat ini perolehan medali sementara terlihat bahwa Vietnam selaku tuan rumah unggul berada di posisi pertama dengan 152 medali emas, 91 perak dan 83 perunggu, selanjutnya di posisi kedua terdapat Thailand dengan 62 medali emas, 67 perak, dan 95 perunggu, lalu pada posisi ketiga terdapat Indonesia dengan 42 emas, 62 perak, 57 perunggu dan disusul oleh Singapura, Filipina, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Laos, Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan