Mohon tunggu...
Riduannor
Riduannor Mohon Tunggu... Guru, Penulis - Penulis

Guru yang menyenangi dunia menulis, menggambar, dan Digital.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

5 Tips Menikmati Waktu Akhir Pekan

6 Agustus 2022   19:38 Diperbarui: 7 Agustus 2022   23:53 305 28 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi cup kopi (foto : enervon.co.id)

Akhirnya bertemu lagi dengan akhir pekan. Istilah akhir pekan, bahasa gaulnya weekend. Bagi pekerja keras, mahasiswa kuliahan, pelajar yang berkutat dengan sekolah, dua hari yang berada diakhir pekan yaitu sabtu dan minggu menjadi ajang melepaskan stres dan reklasasi.

Bagi penulis, akhir pekan tetap menulis, hehehe. Bahkan diakhir pekan, ide-ide baru, dan inspirasi bermunculan, ketika waktu akhir pekan digunakan berliburan bersama keluarga. Pergi ketempat rekreasi, kepusat belanja, kekebun, kepantai, ataupun sekedar beristirahat dirumah.

Biasanya, kebanyakan orang menghabiskan waktu saat weekend dengan bersantai-santai. Pergi keluar kota   bersama keluarga dan menginap di hotel, ataupun di guesthouse.

Ketika akhir pekan, penulis jadi ingat 20 tahun yang lalu, ketika masih bertugas sebagai guru di daerah transmigrasi. Berjalan kaki, hingga 3-5 Kilometer, kedesa transmigrasi sebelah, menginap dirumah rekan sesama guru, ngumpul disana. 

Malamnya, rame-rame bakar jagung, atau ngerebus kacang tanah, ubi, sebagai teman main catur. Walaupun malamnya gelap, tanpa listrik, hanya diterangi lampu petromak. Namun, kemeriahan sangat terasa. Berkumpul, dengan sesama guru diperantauan, dapat menghilangkan kesunyian jauh dari keluarga.

Sekarang, untuk menghabiskan akhir pekan, ngumpul bersama keluarga, sambil menulis, dan mendengarkan siaran radio. Untuk jalan kesana-kesini, rasanya mending di rumah. Diluar, dimana-mana sekarang bila akhir pekan, jalan macet, ditambah banyaknya jalan rusak. Rasanya, hanya buat cape di jalan.

Semua orang menuju kesatu titik, ada yang ketempat rekreasi, pergi keluar kota. Dari tujuan ingin bersantai diakhir pekan, bukan suasana senang yang didapatkan, tapi perasaan kesal, karena terjebak oleh macet, dan antrian panjang yang mengular di jalan raya.

Sehingga aktivitas akhir pekan, justru menguras energi. Dan ketika, hari senin tiba, yang ada hanyalah rasa lelah, karena waktu weekend hanya habis di jalan, dan suasana hati yang tidak menyenangkan.

Pertama, Berolahraga

Akhir pekan, bisa diisi dengan berolahraga di pagi hari, dengan  jalan kaki, ikut senam bersama, ataupun bersepeda. Biasa dilingkungan sekitar tempat tinggal, ada saja diadakan kegiatan senam bersama dilingkungan perumahan, asrama, dan RT. 

Komunitas bersepeda, juga menjadi hal menarik untuk diikuti kegiatannya. Bergabung, dan menjadi bagian komunitas bersepeda, menciptakan suasana baru mengisi akhir pekan.

Kedua, Mendaki gunung dan camping bersama

Kegiatan mendaki gunung, dan camping bersama keluarga, juga merupakan salah satu pilihan yang bisa kita coba, disaat berakhir pekan. Berada di alam, menciptakan suasana yang tenang, damai, bisa menghilangkan stres. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan