Mohon tunggu...
Bi yani
Bi yani Mohon Tunggu... Guru - Guru SD Muhammadiyah Sendangtirta Berbah Sleman Yogyakarta

Saya lahir di Kulon Progo pada tanggal 1971. Pendidikan saya mengenyam pendidikan, SD dan SMP di Kecamatan Samigaluh kabupaten Kulon Progo. SMA di SMAN 4 Bhe Yogyakarta. Kuliah S1 di Fakultas Dakwah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta lulus tahun 1997. Pendidikan terakhir saya S2 UIN sunan Kalijaga Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Hobby Suami Didukung Istri Selama Hobby Itu Bermanfaat dan Tidak Berbahaya

17 September 2022   19:57 Diperbarui: 17 September 2022   20:00 64 14 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kita para istri mungkin sering mendapat label makhluk paling bawel, bila berurusan dengan hobby suami. Sebenarnya para istri memiliki berbagai alasan, mengapa menjadi bawel terhadap hobby suami. Ada beberapa alasan mengapa seorang  istri menjadi bawel dan terkesan tidak mengijinkan suami melakukan hobbynya, 

Alasan ertama ,terkait Alasan Kesehatan

Ini menjadi alasan , karena ada suami yang hobby olah raga di waktu malam. Jika olah raga ringan dan lama olahraga secukupnya, ekitar satu jam mungkin bisa ditolerir. Namun jika olah raga yang dilakukan tergolong berat, terlalu lama, dan menguras tenaga maka itu bisa membahayakan kesehatan. Olah raga berat bisa bikin kelelahan, atau kekurangan oksigen mendadak. Karena produksi oksigen oleh tumbuhan  dilakukan siang hari, sehingga bila malam hari  kandungan oksigen di udara  lebih sedikit di bandingkan pada siang hari. Kadang  bagi sebagian orang , udara malam sedikit harus dihindari,  terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit. Selain itu, saat malam adalah saat tubuh harus istirahat, jika olah raga malam memasuki  jam istirahat maka tubuh akan menjadi kurang istirahat, hal tersebut tentu membuat tubuh justru tidak menjadi lebih baik. 

Alasan Kedua Terkait  Lupa Waktu

Para istri kadang dibuat greget, ketika suami lupa waktu, gara-gara ngurusi hobby, terutama hobby yang manfaatnya tidak sebanding dengan tenaga dan waktu yang dikeluarkan. Misal hobby mancung. Hobby ini banyak dilakukan para sa suami, dengan tujuan menyalurkan hobby sekaligus refreshing. Cuma saja hobby ini kadang banyak memakan waktu, dan juga biaya.   Kegiatan mancing di sungai misalnya. Ikan di sungai itu tidak banyak, dan cenderung kecil-kecil ikannya. Di sungai juga hampir tiap hari ada yang mancing, dan kadang yang mancing ada beberapa orang,  jumlah ikan yang sedikit namun intensitas pemancingnya tinggi atau sering, tentu kemungkinan mendapatkan hasil tangkapan ikannya tentu sedikit. Belum lagi kemungkinan dapat ikan besar dan layak konsumsi juga kecil. Ini berarti kegiatan mancingnya hanya banyak membuang waktu.

Hobby lain yang bikin lupa waktu adalah hobby begadang dan ngobrol . Hobby ini memang ada nilai refreshing ya, namun lebih cenderung bikin lupa waktu. Jika ngobrol sering lupa waktu, tentu akan berdampak pada kurangnya istirahat malam hari. Jika kurang istirahat malam, keesokan harinya tentu saat bangun tidur menjadi kurang segar. Rasa kantuk mungkin masih akan menggelayut di matanya, atau mungkin tubuhnya menjadi kurang bersemangat. 

Alasan ketiga, Istri kurang setuju hobby suami karena alasan kebersihan. 

Misal para suami yang hobby memelihara binatang. Hobby yang satu ini butuh pemeliharaan dan perawatan ekstra. Butuh perhatian yang rutin. Juga butuh biaya modal, pemeliharaan dan perawatan.  Hobby memelihara binatang butuh modal uang untuk membeli binatangnya dan membeli pakan. Butuh pemeliharaan rutin, rutin memberi makan, minum, dan memandikan. Dalam hal  perawatan harus intens, kapan membersihkan kandang, kapan memberi vitamin, kapan memandikan. Jika tidak dilakukan dengan intens, maka kandang bisa kotor dan menimbulkan bau. Selain itu kotoran yang tidak dibersihkan, akan berjatuhan ke lantai sehingga bikin kotor lantai rumah.

Nah, Bagio para suami yang punya hobby kok istri kurang mendukung atau keberatan, cobalah untuk memikirkan tiga hal tersebut. Seorang istri melarang suami melakukan suatu hobby, karena sang istri tahu bahaya tidaknya bagi suami, bermanfaat tidaknya bagi keluarga. Jadi, jangan langsung berfikir negatif jika seorang istri melarang suami melakukan hobi yang disukainya. 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan