Maya Novarini
Maya Novarini profesional

Political Communication Scientist bred in Universiteit van Amsterdam. Animal Rights Activist. Software Engineer for an Artificial Intelligence company in San Francisco.

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Mengenal Apa Itu "Privacy, Trust dan Siapa Facebook Sebenarnya"

16 April 2018   10:01 Diperbarui: 16 April 2018   10:31 411 1 1

Saya mau mengundang teman-teman pembaca untuk membicarakan isu Privacy di Facebook yang belakangan jadi pusat perhatian.

Kenapa jadi pusat perhatian? Karena datanya terbongkar dan digunakan oleh pihak ketiga yang tidak memiliki izin sejauh itu.

Jadi begini.

Ketika kita sign up account di Facebook, kita LANGSUNG memberikan izin untuk Facebook menggunakan SEMUA yang kita share : dari profil, email, umur, tanggal lahir, riwayat kerja dan sekolah, binatang peliharaan, daftar keluarga (parents, sisters, suami / istri), lalu status, message ke orang lain, photo, video, apa yang kita likes, apa yang kita <3, apa yang kita ga sukai, apa yang membuat kita sedih.

Kalau kamu pengguna Facebook yang aktif, rutin sharing dan terbuka (tidak ragu mencantumkan informasi personal) - maka hanya dalam beberapa hari pun Facebook dapat mengenal siapa kamu, dari selera belanjamu, pilihan kursus online yang akan menarik bagi kamu, pilihan produk yang mungkin kamu akan beli, sampai bahkan bisa merekomendasikan teman-teman baru yang kamu belum pernah dengar namanya.

Tapi ga cuma itu, Facebook pun BERHAK SEPENUHNYA menggunakan SEMUA data / informasi yang kamu bagikan/share. MENGGUNAKAN ini tidak sama dengan MEMILIKI sepenuhnya. MENGGUNAKAN ini artinya BEBAS DAN BERHAK untuk memanfaatkan data tersebut - tapi memang pemilik utama dari data tersebut masih lah kamu.

----

Seperti dikutip di aturan Facebook :

You own all of the content and information you post on Facebook, and you can control how it is shared through your privacy and application settings. In addition:

For content that is covered by intellectual property rights, like photos and videos (IP content), YOU SPECIFICALLY GIVE US the following permission, subject to your privacy and application settings: you grant us a non-exclusive, transferable, sub-licensable, royalty-free, worldwide license to use any IP content that you post on or in connection with Facebook (IP License).

----

Mungkin kamu masih bingung :

"Tunggu, jadi semua data (foto, info teman-teman, daftar sekolah dan kerja sampai isi inbox) masih milik saya?"

Betul.

"Lalu apa yang harus kita khawatirkan?"

Yang harus dikhawatirkan adalah jika kamu tidak paham bahwa DALAM DETIK kamu sign up facebook, kamu memberikan IZIN / HAK SEPENUHNYA untuk Facebook menggunakan data-data tersebut.

Jadi .... mereka ga perlu dinamakan sebagai "pemilik" data tersebut, tapi mereka memiliki HAK PENUH untuk menggunakannya - selama data tersebut masih ada di Facebook.

"Jadi kalau saya hapus, hak Facebook untuk menggunakan data yang terhapus itu pun akan hilang?"

Secara teori ya demikian. Kenyataanya... hak atas sebuah data di social media itu sudah terdistribusi ke banyak akun - tanpa kamu sadari. Teman yang komentar di fotomu pun berhak atas fotomu. Teman yang membagi foto yang sama pun berhak atas foto yang sama. Lalu inbox yang kamu hapus, akan masih ada di inbox pihak lawan bicaramu (penerima/pengirim). 

Jadi ketika kamu menghapus sebuah data, jangan berpikir data tersebut akan hilang. Karena satu informasi itu bisa memiliki banyak akar di dalam Facebook. Kamu, hanya salah satu akarnya saja. Dan setiap akar memiliki kekuatan hukum yang masih membolehkan Facebook mengaksesnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4