Mohon tunggu...
el lazuardi
el lazuardi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Menyukai buku

Tulisan lain ada di www.jurnaljasmin.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Podemos, Timnas Spanyol Menepis Keraguan Publik

17 November 2022   13:29 Diperbarui: 17 November 2022   13:39 188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto : Laman Facebook Diario As

" Podemos " demikian judul headline yang diangkat sebuah media Spanyol As yang disandingkan dengan foto pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique yang mengepalkan tangannya. Podemos merupakan frase dalam bahasa Spanyol yang bisa kita terjemahkan sebagai " kita bisa ". Sebuah kata penyemangat yang memberi kepercayaan diri bahwa kita mampu menjalankan tugas yang sedang kita emban.

Bukan tanpa alasan tentunya kenapa frase itu mereka gunakan. Ya, media yang satu ini sepertinya ingin menunjukkan dukungan penuh pada timnas Spanyol yang akan berlaga di Piala Dunia 2022 minggu depan. Sekaligus menepis keraguan publik akan timnas mereka sendiri.

Meski berstatus salah satu unggulan, ternyata masyarakat sepak bola Spanyol masih memiliki keraguan atas nasib timnas mereka pada perhelatan kali ini. Mereka khawatir tim yang dikepalai pelatih Luis Enrique ini tak bisa berbicara banyak dan harus pulang lebih cepat.

Ya, bayang-bayang kegagalan pada edisi 2014 lalu kembali menyeruak. Waktu itu, Spanyol yang berstatus juara bertahan gagal lolos dari fase grup setelah hanya menempati urutan tiga hasil dari dua kekalahan dari Belanda dan Chili dan sekali menang melawan Australia. Hasil ini menjadi yang terburuk usai tim berjuluk "Tim Matador" ini memenangkan Piala Dunia empat tahun sebelumnya.

Dalam sejumlah cuitan di media sosial banyak bertebaran kalimat-kalimat bernada pesimis yang disuarakan publik. Bukan kalimat-kalimat pemberi semangat sebagaimana seharusnya.

Kenapa publik Spanyol meragukan kemampuan timnya kali ini ? Tentu ada alasan dibaliknya.

1. Enrique membawa banyak pemain debutan

Mayoritas pemain yang dibawa pelatih Enrique merupakan pemain-pemain baru dan belum pengalaman di Piala Dunia. Ya, skuad Spanyol pada perhelatan Piala Dunia 2022 ini banyak diisi wajah-wajah baru yang belum punya pengalaman di turnamen sebesar Piala Dunia. Dari 26 pemain yang terpilih, Enrique hanya membawa enam pemain senior yang sudah pernah tampil di Piala Dunia sebelumnya.

Mereka adalah Sergio Busquets, Cesar Azpilicueta, Dani Carvajal, Jordi Alba,Koke dan Marco Asensio. Sementara dua puluh orang lainnya adalah para debutan.

Keputusan ini juga sekaligus mengakhiri spekulasi beberapa nama pemain senior lainnya yang sempat disebut-sebut bakal dibawa Enrique. Sebelumnya, nama-nama seperti Sergio Ramos, Thiago Alcantara, David de Gea maupun Kepa Arrizabalaga sempat diisukan bakal masuk skuad timnas. Namun ternyata tidak masuk dengan berbagai alasan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun