Mohon tunggu...
ellazuardi
ellazuardi Mohon Tunggu... Menyukai buku

www.jurnaljasmin.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pembuktian Ronald Koeman, Barcelona Juara Copa del Rey 2021

18 April 2021   08:30 Diperbarui: 18 April 2021   08:38 139 32 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembuktian Ronald Koeman, Barcelona Juara Copa del Rey 2021
Foto : Sergei Gapon/AFP via medcom.id

Tahun 1990 Ronald Koeman dengan berseragam Barcelona memenangkan Copa del Rey setelah menang 2-0 atas rival mereka Real Madrid. Kini 21 tahun kemudian Koeman menjuarai lagi kompetisi itu dengan status sebagai pelatih klub Catalan itu. 

Barcelona menang telak 4-0 atas Athletic Bilbao pada final yang berlangsung di Estadio de la Cartuja, Seville Sabtu 17/04/2021 waktu setempat. Pria Belanda ini akhirnya menorehkan rekor sukses memenangkan Copa del Rey sebagai pemain dan pelatih.

Penyerang Barca Lionel Messi menyumbangkan dua gol pada menit 68 dan 72. Sementara dua gol lainnya dicetak Antoine Griezmann di menit 60 dan Frankie de Jong tiga menit kemudian.

Ini merupakan gelar pertama bagi Koeman sebagai pelatih Barca. Gelar ini sekaligus menjawab kritikan yang meragukan kemampuan mantan bek Barca ini sejak mengambil alih kepelatihan klub pada Agustus 2020 lalu. Sekali lagi Koeman membuktikan dirinya layak menangani tim sebesar Barcelona.

Barcelona tampil optimis pada final kali ini.Kemenangan 3-0 atas Sevilla pada leg kedua semifinal setelah sempat kalah 0-2 pada leg pertama  menjadi modal penting yang meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Apalagi klub berjuluk Blaugrana ini punya rekor bagus di ajang Copa del Rey.Mereka adalah pemegang gelar terbanyak yaitu 30 kali. Demikian juga dengan Ronald Koeman. Pelatih yang menggantikan Quique Setien ini sukses dalam dua kali penampilannya di final. Yakni sebagai pemain Barcelona tahun 1990 dan sebagai pelatih Valencia tahun 2008.

Pada pertandingan tadi malam pelatih Ronald Koeman menampilkan formasi tiga bek yaitu Clement Lengket, Gerard Pique dan Oscar Mingueza. Sementara itu Jordi Alba dan Sergino Dest dimainkan sebagai bek sayap. Frankie de Jong kembali didorong ke tengah bersama Sergio Busquets dan Pedri. Sedangkan lini penyerangan ditempati Antoine Griezmann dan Lionel Messi yang juga merangkap sebagai kapten. Serta posisi kiper seperti biasa diisi oleh Marc Ter Stegen.

Barcelona mengambil inisiatif menyerang sejak awal. Frankie de Jong mendapat peluang di menit 5 namun tendangannya membentur mistar. Menit 21 tendangan kaki kanan Messi berhasil diamankan kiper Bilbao,Unai Simon. Meski telah mencoba dengan berbagai pola serangan, namun ketatnya barisan pertahanan Bilbao menyebabkan pasukan Ronald Koeman ini tak berhasil mencetak gol. Skor imbang 0-0 di babak pertama.

Barcelona memecah kebuntuan di menit 60 setelah Antoine Griezmann berhasil meneruskan umpan dari De Jong. Tiga menit kemudian giliran De Jong yang membobol gawang Bilbao dengan sundulan setelah menerima umpan crossing dari Jordi Alba.

Lionel Messi memperbesar keunggulan Barca lewat sepakan pada menit 68 setelah mendapat umpan dari De Jong. Empat menit berselang Messi mencetak gol keduanya hasil dari umpan Jordi Alba.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN