Mohon tunggu...
Bintang Siregar
Bintang Siregar Mohon Tunggu... Insinyur - Owner of CV Pandawa Elektrindo

Progresif Revolusioner Merdeka !!! IG : @bintangeps

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mengabdi Tiada Henti untuk Indonesia

29 Desember 2018   08:12 Diperbarui: 29 Desember 2018   08:16 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

    

Mengabdi adalah suatu hal yang sangat mulia bagi saya karena mengabdi merupakan wujud ibadah saya kepada Tuhan. Begitu juga pengabdian yang saya lakukan adalah suatu hal yang ihklas tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Kali ini saya mengikuti program Nusantara Mengabdi di Desa Saporkren, Raja Ampat, Papua Barat, 10 -- 14 Oktober 2017 yang dilaksanakan oleh INAVIS sebagai wadah organisasinya. Desa Saporkren merupakan suatu desa yang sangat indah di pulau ini akan tetapi desa ini masih jauh dari kata maju seperti yang ada di kota.

Desa Saporkren yang ada di Raja Ampat ini masih minim pengajar untuk bidang pendidikan di sekolah yang ada dan juga listrik dari PLN belum masuk ke desa ini jadi penduduk desa ini masih menggunakan bensin dimalam hari untuk melistriki rumahnya bagi mereka yang mampu membelinya.

Sumber : dokpri
Sumber : dokpri
Hati saya tergerak ketika melihat ada info kegiatan pengabdian ini, kemudian saya mendaftar dan saya lulus seleksi menjadi salah satu dari banyak pendaftar. Saya berinisiatif untuk menjadi ketua tim berkat dukungan teman -- teman setim saya. Dalam tim saya, kami berjumlah 15 orang dari berbagai latar-belakang yang berbeda.

Berdasarkan keadaan Desa Saporkren yang kami tahu, saya membagi tim saya menjadi 3 bidang berdasarkan latar-belakang kami, mulai dari bidang pendidikan, bidang kesehatan dan juga bidang ekonomi. Bidang pendidikan mengabdi kepada siswa disana membantu guru untuk mengedukasi di sekolah yang ada di desa itu. 

Bidang kesehatan, ada yang melakukan pengecekan terhadap penyakit -- penyakit semua warga di desa itu, begitu juga melakukan pengecekan gigi buat warga serta pengecekan penyakit pada binatang yang ada di Desa Saporkren ini. Bidang ekonomi, tim saya mengedukasi warga untuk menjual hasil lautnya dengan baik agar hasilnya tidak merugi, begitu juga membangun tempat wisata di Desa Saporkren ini.

Sumber : dokpri
Sumber : dokpri
Saya sangat senang ketika hal kecil ini dapat bermanfaat buat mereka warga Papua. Begitulah seperti yang dikatakan oleh Presiden Amerika Serikat, J.F.Kennedy,"Jangan pernah tanyakan apa yang telah diberikan negara ini kepadamu, tetapi tanyakan apa yang sudah kamu berikan kepada negara ini". Maka karena itu, ini salah satu wujud saya sebagai pemuda untuk memberikan dampak positif buat pembangunan bangsa ini.

Sumber : dokpri
Sumber : dokpri
\Harapan saya, bukan hanya 1 bintang saja yang berfikir seperti ini untuk kemajuan Indonesia tapi ada banyak bintang yang seperti saya yang memiliki visi besar untuk kemajuan bangsa Indonesia ini. Dengan adanya bonus demografi ini adalah kesempatan buat pemuda untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Sumber : dokpri
Sumber : dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun