Mohon tunggu...
Binsar Sitanggang
Binsar Sitanggang Mohon Tunggu... Penulis

Pemerhati Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara

Harapanku untuk Calon Bupati Samosir

2 Agustus 2020   19:20 Diperbarui: 2 Agustus 2020   19:30 26 1 0 Mohon Tunggu...

Tidak sebatas perhatian, tetapi Pemerintahan Jokowi sudah menggelontorkan dana yang cukup besar untuk membangun Kabupaten Samosir. Tujuannya Kabupaten Samosir dengan Danau Tobanya yang dijuluki kepingan surga menjadi salah satu andalan destinasi wisata bertaraf internasional. 

Dermaga pelabuhan di Ajibata, Tomok, dan Simanindo sudah diperbaiki termasuk penambahan Kapal Ferry Ihan Batak untuk kelancaran transportasi. Bahkan jalan lingkar Pulau Samosir sudah lancar dan mulus. 

Belum lagi terusan Tano Ponggol di Pangururan yang sekian puluh tahun tidak bisa dilalui kapal kecil karena pendangkalan erosi, sekarang sudah dikeruk  dan dalam proses penyelesaian. 

Kebutuhan dasar sudah dipenuhi Pemerintah Pusat, tinggal sekarang apa yang bisa dilakukan Bupati Samosir  yang baru nantinya. Himbauan saya kepada penduduk Kabupaten Samosir, pilihlah calon Bupati yang berintegritas, yang jiwa raganya diabdikan untuk kemajuan Kabupaten Samosir. 

Jangan pilih calon Bupati yang memberikan uang, kalau terpilih kemungkinan mengembalikan uangnya dengan korupsi. Untuk Bupati terpilih, bangun dan majukanlah kesejahteraan penduduk Samosir dengan menjabarkan program sebagai berikut.

Pertanian

Tanaman semusim (hortikultura) seperti padi, kacang tanah dan bawang  ditanam di lahan datar, relatif subur dan dapat dijangkau irigasi. Sedangkan untuk tanaman keras seperti mangga, kemiri, kopi, durian dan aren ditanam di lahan yang kurang subur dan berbukit. 

Pariwisata

Menyediakan penginapan berupa losmen, hotel dan bungalow/cottage yang bersih, tarip terjangkau dan pelayanan yang ramah. Termasuk rumah makan dan restoran yang bersih dan harga yang terjangkau.

Tidak kalah penting atraksi wisata budaya mencirikan Batak Toba seperti tortor, gondang/uning-uningan, vocal group dan lainnya di kecamatan jalan lingkar Pulau Samosir. 

Beberapa contoh yang sudah ada dan baik seperti di Tuktuk, Tomok dan Parbaba. Sebaiknya juga difasiltasi Pemandu Wisata yang profesional untuk mendampingi wisatawan terutama wisatawan mancanegara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN