Mohon tunggu...
Bimo Ar Rahman Juan Wiguna
Bimo Ar Rahman Juan Wiguna Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UPN "VETERAN" YOGYAKARTA

Selanjutnya

Tutup

Balap

Penyelenggaraan Formula Satu di Saat Pandemi

17 Desember 2020   23:22 Diperbarui: 17 Desember 2020   23:26 49 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penyelenggaraan Formula Satu di Saat Pandemi
bibblesport.com

Formula Satu adalah kejuaraan balap mobil formula satu dan musim ini Formula Satu sudah menyelenggarakan yang ke 71. Kejuaraan ini telah diakui oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA), sebagai kelas tertinggi di kejuaraan balap mobil roda terbuka. Pembalap dan tim dijadwalkan bersaing untuk memperebutkan gelar Juara Dunia Pembalap dan Juara Dunia Tim (Constructor) masing masing.

Di saat pandemi seperti ini masyarakat di seluruh dunia harus melakukan karantina dan Physical Distancing. Banyak pembalap yang menganggur di saat pandemic seperti ini karena harus karantina di rumah masing-masing. Sebelumnya Formula Satu dijadwalkan akan bergulir pada 15 maret 2020 di Australia. Tetapi karena adanya mekanik dari salah satu tim Formula Satu positif Covid-19 kejuaraan ini diundur. Banyak juga negara yang menjadi tuan rumah mundur untuk menyelenggarakan kejuaraan ini karena pandemic ini.

Formula Satu ini akhirnya digulir pada tanggal 5 Juli 2020 di Circuit Spielberg, Austria. Tidak seperti biasanya balapan pada tahun 2020 ini melakukan balapan 2 kali di circuit yang sama karena banyak nya negara tuan rumah yang mundur untuk menyelenggarakan balapan ini. Seperti balapan di Austria ini dilakukan 2 kali pada tanggal 5 Juli dan 12 Juli 2020, sama hal nya seperti negara Inggris, dan Bahrain. 

Selama kejuaraan bergulir banyak juga pembalap yang terkena Virus Covid-19 diantaranya ada Sergio Perez, Lance Stroll, dan Lewis Hamilton. Pembalap tersebut terjangkit Virus Covid-19 pada kejuaraan bergulir dan digantikan oleh pembalap pengganti yang dimiliki masing-masing tim.

Tahun ini Lewis Hamilton sangat mendominasi kejuaraan ini hampir semua balapan pada tahun ini Lewis yang menjuarai nya. Lewis pun melewati Rekor kemenangan terbanyak yang dimiliki pembalap legenda yaitu Michael Schumacher dengan raihan 91 kemenangan selama karir nya. 

Lewis bisa melewati Rekor nya itu dengan raihan 95 kemenangan selama karir nya, tidak cukup disitu Lewis Hamilton pun menyamai rekor juara dunia 7 kali yang dimiliki Michael Schumacher. Tahun ini pun kejuaraan ini melakukan Physical Distancing dan memakai Masker pada saat di Circuit karena mengikuti protokol Kesehatan yang berlaku.

Kejuaraan ini selesai pada tanggal 13 Desember 2020 di Circuit Yas Marina, Abu Dhabi. Kejuaraan pada tahun ini di juarai oleh Lewis Hamilton dan Juara tim (Constructor) pada tahun ini adalah Mercedes-AMG Petronas Racing Team.

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Formula_Satu_musim_2020

https://en.wikipedia.org/wiki/Lewis_Hamilton

Ditulis oleh :

Bimo Ar Rahman Juan Wiguna

Mahasiswa

UPN "Veteran" Yogyakarta

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x